Bagikan!

Oli Bardahl Bagus atau Tidak? Ini Keunggulan dan Jenisnya

keunggulan oli bardahl untuk mobil

Oli adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan mesin kendaraan. Namun, di pasar yang dipenuhi dengan berbagai merek dan jenis oli, sulit untuk menentukan mana yang terbaik.

Dari banyaknya merek oli yang ada di pasaran, salah satu merek oli yang memiliki kualitas sangat baik untuk mobil adalah oli Bardahl. Apakah nama tersebut asing untuk Bosque? Hal itu bisa dimaklumi mengingat nama Bardahl masih kalah populer dengan merek oli mobil lain di pasaran. Meski begitu, oli Bardahl merupakan salah satu oli terbaik yang bisa anda gunakan.

Sejarah Oli Bardahl

Oli Bardahl berasal dari perusahaan yang didirikan oleh Ole Bardahl, seorang imigran Norwegia ke Amerika Serikat pada tahun 1939. Dia mulai menjual pembersih mesin di Seattle, Washington. Pada tahun 1947, Bardahl memproduksi pelumas berbasis minyak yang menjadi produk andalannya.

Inovasi besar Bardahl adalah pengembangan aditif pelumas. Pada tahun 1957, mereka mengembangkan aditif “Polar Attraction Formula” yang berfungsi melindungi mesin dari keausan dan memperpanjang umur mesin. Ini menjadi ciri khas oli Bardahl dan memberikan keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

Keunggulan Oli Bardahl

Keunggulan yang dimiliki oli Bardahl adalah penggunaan C60 atau Additive Carbon 60 yang diproses dengan teknologi nano. Dengan teknologi ini, carbon 60 dikecilkan hingga 1/100 mikron dan memungkinkan untuk oli Bardahl mampu masuk ke pori-pori metal dalam mesin kendaraan. Mesin dapat terlingungi hingga 10 kali lipat dan membuat gesekan berkurang.

Teknologi nano pada oli tersebut membuat mesin yang pernah terlumasi oli Bardahl mampu berjalan normal tanpa adanya oli. Beberapa kali Bardahl pernah melakukan uji coba dengan mengosongkan tangki oli, lalu mobil tanpa oli tersebut dikendarai hingga rubuan kilometer tanpa oli.

Percobaan tersebut dilakukan di Malaysia pada tahun 1999 dan tercatat sebagai pemecah rekor. Awalnya tangki mobil dikuras dan kemudian diisi dengan oli Bardahl. Setelah beberapa lama, oli Bardahl tersebut juga dikuras hingga isi tangki oli kosong dan hanya menyisakan bekas oli di mesin saja. Dalam kondisi seperti itu, mobil dijalankan dan berhasil mencapai jarak 1.333 KM tanpa oli. Padahal pada kondisi normal, jika mobil dibiarkan seperti ini sudah pasti akan macet atau crash.

Di Indonesia, percobaan tersebut pun pernah dilakukan. No Oil Run Test dari Oli Bardahl dilakukan untuk menguji. Saat itu mobil yang digunakan adalah mobil Grand Max dengan jarak 120km dari Jalan Soekarno Hatta – Kopo – Tol Cileunyi – Padalarang – Cihampelas dan keliling kota Bandung. Oli yang digunakan adalah oli Bardahl Super Pulsar M 10W-40 SM/ CF. Mobil Grand Max tersebit dipaksa jalan tanpa menggunakan oli sama sekali dan hasilnya Daihatsu Gran Max tanpa oli berjalan mulus dan mampu melaju hingga di 100 KM/ jam di jalan tol dengan RPM antara 3000-4000. Meski mobil melaju tanpa oli, temperatur masih normal dan suara mesin terdengar halus.

Dengan kemampuan teknologi tersebut, oli ini dapat meningkatkan performa mobil dan juga kendaraan akan jadi lebih halus.

Baca juga; Cek Perbedaan Oli 5w-30 dan 10w-40 yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis dan Varian Oli Bardahl

Oli Bardahl tersedia dalam 3 jenis, yaitu oli untuk mobil bensin, oli untuk mobil diesel, dan terakhir adalah oli transmisi.

Untuk oli mesin bensin, oli Bardahl memiliki 6 varian sebagai berikut:

  • MVP S3 20W-50
  • XTC S5 10W-30
  • XTC S5 10W-40
  • XTC S5 5W-30
  • XTC S9 5W-30
  • XTC S9 5W-40

Lalu untuk oli mesin diesel, Bardahl memiliki 3 varian sebagai berikut:

  • HDD C5 15W-40
  • HVP C7 10W-40
  • HVP C7 5W-30

Sedangkan untuk oli transmisi, oli Bardahl hanya tersedia dalam 2 varian yaitu:

  • ATF DIIIH
  • XTG 80W-90

Baca juga; Efek Gonta Ganti Oli: Penjelasan dan Solusinya

 

promo pelanggan baru cakra motor 11

Oli Bardahl Cocok Untuk Mobil Apa?

Oli Bardahl cocok untuk berbagai jenis mobil, termasuk mobil penumpang, mobil sport, truk, SUV, dan kendaraan komersial. Produk-produk Bardahl dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelumas mesin yang beragam, baik untuk mesin bensin maupun diesel.

Dengan beragam formula dan viskositas, oli Bardahl dapat dipilih sesuai dengan jenis mesin, kondisi penggunaan, dan preferensi pemilik kendaraan. Sebelum memilih oli Bardahl, penting untuk memeriksa rekomendasi produsen kendaraan atau panduan penggunaan untuk memastikan bahwa oli tersebut sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait