Ketahui Yuk Jenis-Jenis Chassis Mobil Itu Seperti Apa

Jenis Chassis Mobil

Cakramotor11.com – Hi bosque tahu gak kalau mobil kit aitu sebetulnya punya rangka yang baik dan sempurna sebagai mobil. Chassis ini selalu ada di sebuah kendaraan ibaratnya seperti tubuh kita manusia yang punya tulang dan konstruksi sempurna. Chassis atau rangka mobil ini punya fungsi utama yaitu menjadi penopang dari bodi mobil kita bosque, dimana mesin sampai penumpang juga ditopang sekaligus dengan chassis.

Chassis harus kuat dan tidak bisa dibuat dengan besi sembarangan, biasanya sering disebut banyak temen-temen otomotif itu chassis monokok dan lain sebagainya. Tetapi ada beberapa jenis chassis yang berada di pasaran otomotif loh.

Jenis-Jenis Chassis Mobil:

  • Ladder Frame.
chassis mobil ladder frame
Sumber: Harapanrakyat

Chassis yang pertama yang cukup senior adalah ladder frame, chassis ini sekilas mirip dengan tangga dan lebih cocok direkomendasikan untuk mobil yang punya bobot besar seperti truk sampai kendaraan besar pengangkut lainnya. Terbuat dari baja simetris menyerupai balok yang diperkuat dengan cross members jadi konstruksinya sangat kokoh.

  • Monokok.

Jenis Chassis MobilNah mana nih yang dari tadi udah terbayang kata “monokok” di awal membaca artikel ini. Chassis Monocoque ini pertama kali digunakan cukup lama tepatnya di tahun 1923. Sasis yang dalam istilah Indonesianya ini memiliki bentuk batangan dan seiring berkembangnya teknologi, diubah jadi sasis satuan denagn bodi yang bisa menopang mobil dan semua komponen lainnya. Kenapa sih sasis ini suka digunakan pada mobil jenis ringan, karena alasan efieisensi. Cukup jelas ya bosque, karena efisiensi inilah tidak perlu lagi membuat bodi mobil lagi untuk menyatukannya ke sasis utama.

  • Tubular Space Frame.

Tubular Space FrameSasis jenis tubular ini merupakan campuran dari bahan besi balok jenis pipa dan dirakit menjadi satu. Kerennya, chassis ini punya bentuk yang sama dengan konstruksi kendaraan itu sendiri, seperti mobil balap misalnya, hampir semua jenis mobil cepat menggunakan sasis jenis ini.

  • Aluminium Space Frame.
Aluminium Space Frame
Sumber: Paultan.org

Chassis yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh produsen mobil Audi, dengan Kerjasama bersama perusahaan Alcoa. Sasis ini dibuat dengan bahan alumunium, namun dari segi rangka cukup mirip dengan sasis monokok tadi. Uniknya gabungan mereka ini menghasilkan chassis yang kuat dari rangka monokok, dan tetap ringan karena berbahan dasar alumunium. Klaim beredar yang kami dengar, chassis ini bisa lebih ringan dan lebih kaku sebanyak 40% dibandingkan rangka monokok.

  • Backbone.

backbone chassisSasis ini merupakan jenis yang terdiri dari tulang rangka utama yang tunggal. Dimana rangka ini ditempatkan persis di bagian tengah yang bisa menopang seluruh bodi. Sasis ini punya keseluruhan rangka mobil dimulai dari depan sampai bagian belakang yang semuanya saling terhubung.

Cari tahu juga yuk komponen-komponen apa saja yang ada dalam Chassis Mobil?

Komponen pada Chassis terdiri dari beberapa susunan seperti powertrain dan suspense, dimana powertrain bisa mengalirkan tenaga mesin ke roda, dan suspense merupakan penopang serta kestabilan di dalam mobil.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait