Bagikan!

Mortal Kombat Honda Jazz vs Toyota Yaris Siapa Yang Terbaik?

Jazz vs Yaris

Cakramotor11.com – Hi bosque udah tahu dua mobil jawara ini belum? Kalau bang ori rasa sih dari membaca judulnya kamu udah pada tahu ya mobil hatchback ini. Kedua mobil ini memang sengaja menyasar anak muda, dimana keduanya saling berebut pasar ya bosque. Sebetulnya kali ini kita mau mengadakan komparasi Honda Jazz vs Toyota Yaris secara simple, dari sisi sejarah singkat, komparasi mesin, dimensi, sampai harga kedua mobil keren ini.

Sejarah Yaris Masuk Indonesia:

sejarah toyota yarisSalah satu mobil kebanggaan Toyota yang satu ini masuk pertama kali ke Indonesia di tahun 2006. Masuk di tahun yang cukup tepat karena mungkin pasar di Indonesia sudah cukup bosan dengan desain mobil yang ada di pasaran. Yaris punya tampilan yang sangat sporty dan dirasa bisa menjadi daya tarik publik tanah air.

Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan, mobil ini tidak terlalu besar dari sisi ukuran, alhasil mobil ini bisa sangat praktis digunakan. Yaris memiliki mesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-I DOHC ketika pertama kali muncul, namun dapat pembaruan di mesinnya dengan tipe 2NR-FE 1.500 cc berteknologi Dual VVT-I.

Sejarah Jazz Masuk Indonesia:

honda jazz vs toyota yaris

Sebetulnya dari tahun masuk, Honda Jazz masuk lebih dulu loh bosque, boleh dibilang, Yaris masuk ke Indonesia karena melihat adanya celah pasar yang cukup sexy di hatchback atau mobil perkotaan.

Memiliki nama asli Honda Fit di Jepang saat dipasarkan, Honda Jazz akhirnya dibawa Honda Prospect Motor ke Indonesia dengan nama keren yaitu Honda Jazz di tahun 2004. Memasuki dunia barunya di Indonesia, Honda Jazz dibekali dua tipe mesin, ada yang 1.500 cc i-DSI dan juga mesin terbarunya yang sering kita dengar 1.500 cc VTEC.

Adu kuat mesin Honda Jazz vs Toyota Yaris:

mesin toyota yaris
Sumber: Pricebook

Honda Jazz dibekali mesin 1.500 cc dengan 4 silinder yang bisa menghasilkan tenaga 118 hp di 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.600 rpm. Untuk Toyota Yaris dibekali mesin 1.500 cc 4 silinder yang bisa menyemburkan tenaga maksimal 105,5 hp di 6.000 rpm, lalu torsi maksimalnya 140,2 Nm di 4.200 rpm. Dari sisi tenaga dan juga torsi memang Honda Jazz ini punya keunggulan lebih besar daripada Yaris.

Perbandingan dimensi Toyota Yaris vs Honda Jazz:

Boleh dibilang kedua mobil ini hampir mirip karena menyasar target market hatchback yang sama. Tetapi jika di cek secara teliti, Honda Jazz itu punya dimensi yang lebih kecil dibandingkan Toyota Yaris, namun perbandingan itu hanya kecil saja. Yaris punya dimensi panjang 4.145 mm lebar 1.730 mm tinggi 1.500 mm serta jarak sumbu roda 2.550 mm. Lalu untuk Honda Jazz punya dimensi detail panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm serta jarak sumbu roda 2.539 mm.

Bosque lebih suka Jazz atau Yaris?

Biar gak bingung, nih bang ori spill harganya ya, Yaris itu punya harga paling murah di harga Rp 295,8 juta dan termahal di harga Rp 325,7 juta untuk tipe CVT GR Sport 7 Airbags. Lalu untuk Honda Jazz paling murah adalah Rp 256,5 juta serta yang paling mahal di tipe RS CVT Rp 300 juta.

 

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait