Ganti Oli Transmisi – Tidak jauh berbeda dengan oli mesin, oli transmisi mobil juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk melumaskan mesin. Oli memang memiliki pengaruh yang sangat besar yang berpengaruh terhadap usia mobil anda. Mesin kendaraan bisa ditentukan seberapa lama mampu bertahan dengan melihat oli yang anda gunakan.

Jika ada mobil tanpa oli, sudah dipastikan bahwa usianya tidak akan bertahan dari 10 tahun. Oli transmisi memiliki manfaat untuk memuliskan kinerja pada setiap komponen yang ada di dalam mesin mobil anda. Dengan begitu, setiap komponen mesin dapat bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan gesekan kasar serta karat.

Selain itu, oli transmisi mobil juga bermanfaat sebagai penghantar perpindahan gigi untuk transmisi matic. Jika anda perhatikan, untuk transmisi otomatis ada sebuah wajan yang di dalamnya merupakan tempat oli transmisi. Sama halnya dengan transmisi mobil manual juga ada wadah sebagai tempat untuk oli transmisi.

Lalu kapan waktunya anda harus ganti oli transmisi? Secara umum, waktu untuk mengganti oli transmisi ketika sudah mencapai 40.000 km. Dengan begitu, kemampuan oli transmisi akan tetap terjaga dan mesin mobil pun tidak akan mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Mobil dengan transmisi manual biasanya memerlukan pergantian oli yang lebih sering jika dibandingan dengan transmisi otomatis. Ada juga mobil transmisi otomatis yang oli transmisinya malah tidak bisa diganti sampai pemakaian akhir. Akan tetapi, oli transmisi yang seperti ini merupakan oli transmisi pabrikan dengan kualitas yang sangat baik sehingga tidak harus diganti selama bertahun-tahun.

Kapan Waktunya Anda Harus Ganti Oli Transmisi?

ganti oli transmisiLalu kapan apa saja indikasi yang menandakan anda harus ganti oli transmisi? Untuk mempermudah anda mengatahui kapan kira-kira oli transmisi harus diganti. Berikut ini kami akan memberikan beberapa ciri-cirinya untuk anda.

1. Terasa Berat Ketika Berpindah Gigi

Ciri pertama yang mengindikasikan anda harus ganti oli transmisi ketika anda merasa bahwa perpindahan gigi menjadi berat. Bagi pengendara yang sudah memiliki jam terbang lama pasti merasa pada saat perpindahan gigi terasa berat. Kondisi seperti ini berarti bahwa anda harus segera mengganti oli transmisi kendaraan anda tersebut.

Lalu bagaimana jika ternyata anda tidak kunjung ganti oli transmisi? Hal ini mengakibatkan persneling menjadi susuh diganti dikarenakan kampas kopling pun menjadi tipis. Untuk itu, jangan anda tunda lagi dan harus segera anda ganti oli transmisi anda tersebut.

2. Terdengar Suara Dengung Pada Sistem Transmisi

Tidak jauh berbeda ketika rantai yang tidak diberi oli, sistem transmisi pada mobil juga akan mengeluarkan suara berdengung. Mesin mobil pada komponen logamnya bekerja dengan cara sistem pergesekan yang akan menggerakkan kendaraan. Jika pergesekan logam tersebut tidak diberikan pelumas oli transmisi atau oli transmisinya tidak kunjung diganti, maka mengakibatkan suara mesin menjadi kasar dan berdengung.

Jika dibiarkan, kondisi ini akan semakin mengakibatkan permasalahan pada mesin mobil. Maka dari itu, ketika bunyi mesin sudah kasar dan berdengung, itu menandakan oli transmisi sudah harus diganti.

3. Warna Oli Transmisi Berubah

Jika sudah waktunya ganti oli transmisi, anda akan melihat oli tersebut memiliki warna hitam pekat. Warna ini menunjukkan bahwa oli tersebut sudah harus diganti dan tidak layak pakai. Oli yang warnanya hitam tersebut harus segera anda ganti dengan oli yang baru.

4. Kilometer Kendaraan yang Sudah Melewati Batas

Perlu anda ketahui tidak ada oli transmisi mobil yang bisa digunakan selamanya. Oli transmisi memiliki kilometer maksimal dimana anda harus menggantinya ketika sudah mencapai bats kilometer tersebut. Biasanya kurang lebih 40.000 km sudah harus diganti meskipun tergantung seberapa sering anda mengendarai mobil anda.

 

Baca Juga : Toko Oli Mobil Gading Serpong Ternama

 

Rekomendasi Oli Transmisi Mobil Terbaik

Di bawah ini kami akan merekomendasikan beberapa oli transmisi mobil terbaik pilihan anda.

No

Oli Transmisi Mobil

Harga

1CASTROL MTF GL4 80W90 24X1LTRp. 65.000
2ENEOS GEAR TOURING 75W90 12X1LTRp. 65.000
3ENOC ZENON ULTRA LSD GL5 80W90 GEAR OIL 12X1LTRp. 100.000
4FK MASSIMO GEAR GL5 80W90 24X1LTRp. 90.000
5FK MASSIMO GEAR LSD GL5 75W90 24X1LTRp. 150.000
6IDEMITZU EXTREME MTF 24X1LTRp. 60.000
7KENDAL GEAR LS 80W90 12X1LTRp. 120.000
8MOBIL 1 SYNTHETIC GEAR 75W90 12X1LTRp. 240.000
9MOBIL LUBE HD 80W90 12X1LTRp. 90.000
10MOBIL LUBE HD 80W90 4X4LTRp. 240.000
11PETRONAS GL5 80W90 16X1LTRp. 75.000
12SAINZ GEAR 75W90 LIMITED SLIP 24X1LTRp. 100.000
13SHELL SPIRAX S2G 80W90 12X1LTRp. 65.000
14SHELL SPIRAX S3 G80 12X1LTRp. 90.000
15TOP ONE SYNTHETIC GEAR 140 24X1LTRp. 70.000
16TOP ONE SYNTHETIC GEAR 90 24X1LTRP. 70.000
17TOTAL EP 85W90 18X1LTRp. 60.000
18UNITED GEAR S5 80W90 24X1LTRp. 65.000

Demikian daftar harga oli transmisi mobil yang bisa kami sebutkan. Daftar oli transmisi di atas merupakan oli transmisi matic dan oli transmisi manual. Jadi, anda harus menyesuaikan jenis oli transmisi yang akan anda beli dengan kendaraan anda. Jangan sampai anda nanti malah salah membeli oli transmisi manual, sementara anda memiliki mobil dengan transmisi matic, begitu pula sebaliknya.

Lalu bagaimana cara kita membedakan antara oli transmisi manual dengan oli transmisi matic? Untuk memudahkann anda dalam membedakan dua jenis oli transmisi tersebut, kami akan menjelaskan beberapa perbedaaan tersebut khusus untuk anda.

Perbedaan Oli Transmisi Matic dan Manual

Banyak orang beranggapan bahwa memiliki mobil dengan transmisi manual memberikan kesan bahwa orang tersebut lebih manly. Mobil yang memiliki transmisi matic lebih diperuntukkan bagi wanita. Hal ini karena mobil yang menggunakan transmisi manual memang lebih ribet. Alasannya karena mobil transmisi manual memerlukan lebih banyak koordinasi pada setiap bagian, misalnya kaki dan lengan.

Hal ini memberi kesan bahwa mobil transmisi manual lebih kompleks. Namun seiring berjalannya waktu, anggapan tersebut memang mulai memudar dikarenakan sudah banyak peminat terhadap mobil dengan transmisi matic. Banyak laki-laki yang membeli mobil transmisi matic untuk dikendarai sendiri.

Meskipun begitu, anda harus tahu apa saja perbedaan antara oli transmisi matic dan manual. Untuk itu, silahkan anda simak penjelasan yang akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Mobil Transmisi Manual Menggunakan Pedal

Untuk perbedaan yang pertama ini sudah pasti semua orang mengetahuinya. Mobil yang menggunakan transmisi manual identik dengan pedal kopling. Tanpa adanya kopling, maka kita tidak bisa menggunakan fungsi persneling atau tidak bisa melakukan perpindahan gigi. Sementar itu, untuk mobil dengan transmisi matic atau otomatis memiliki tiga komponen utama.

Ketiga komponen utama tersebut antara lain: planetary gear unit, torque converteer, dan hydraulic control unit. Semua komponen tersebut terdapat di dalam oli yang dikenal dengan istilah Automatic Transmission Fluid. Lalu bagaimana cara kita mengetahuinya? Anda bisa langsung melihatnya pada tuas transmisi yang menggunakan tombol OD maupun tombol pengunci untuk perpindahan tuas transmisi dari posisi P.

2. Perbedaan Dalam Cara Perpindahan Gigi

Perbedaan antara mobil dengan transmisi matic dan otomatis juga bisa anda lihat dari cara perpindahan giginya. Mobil dengan transmisi manual ketika melakukan perpindahan gigi akan menginjak kopling dengan kaki kiri. Setelah itu, tangan kiri juga harus aktif melakukan perpindahan gigi. Kemudian kaki kanan berfungsi untuk menginjak rem serta gas mobil.

Di sisi lain, mobil yang memiliki transmisi matic yang hanya memerlukan kaki kanan unntuk semua aktivitasnya. Anda cukup menggunakan kaki kanan untuk menginjak rem maupun pedal gas. Jadi, memang dari segi perpindahan gigi, mobil transmisi matic terkesan lebih mudah dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Akan tetapi, ketika anda sudah sama-sama lihai pun, perbedaan ini tidak akan terasa dan bahkan sama sama.

3. Perbedaan Pada Konsumsi Bahan Bakar

Untuk para pengendara yang mungkin belum memiliki jam terbang yang luas, perbedaan yang ketiga ini masih belum terlalu terasa. Perlu anda tahu bahwa mobil transmisi otomatis memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih besar jika dibandngkan dengan mobil transmisi manual.

Mengapa? Alasannya karena mobil transmisi matic membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Jadi, jika anda merasa bahwa mobil anda bahan bakarnya cepat habis, selain dari masalah mesin, mungkin karena mobil anda termasuk mobil transmisi matic.

4. Perpindahan Transmisi yang Lebih Halus Pada Mobil Transmisi Matic

Poin keempat ini juga menjadi perbedaan antara mobil dengan transmisi matic dan manual. Pada mobil transmisi matic atau otomatis, perpindahan gigi jadi lebih halus dan mungkin seolah-olah tidak terasa bahwa anda sedang melakukan perpindahan gigi. Berbeda dengan mobil yang menggunakan transmisi manual dimana perpindahan giginya terkesan lebih kasar.

Akan tetapi, mungkin untuk mobil manual dengan kondisi mesin yang benar-benar bagus, perbedaan ini tidak terlalu terasa. Hanya saja, bagi sebagian orang mereka tetap merasakan perbedaan dari keduanya dalam hal perpindahan gigi meskipun perbedaannya tersebut tidak terlalu signifikan.

5. Mobil Transmisi Matic Memerlukan Banyak Perawatan

Perbedaan kelima antara mobil transmisi manual dan matic adalah terdapat pada perawatannya. Meskipun mobil matic penggunaanya terkesan lebih mudah, namun jenis mobil ini memerlukan perawatan yang tidak sedikit. Biaya untuk melakukan servis terhadap mobil matic pun lebih mahal jika anda bandingkan dengan mobil ber transmisi manual.

Misalnya harga kopling, sparepart, maupun berbagai komponen lainnya yang lebih mahal dibandingkan dengan yang dimiliki oleh mobil ber transmisi manual. Sekedar informasi bahwa mobil matic yang kilometernya sudah mencapai 50.000 harus segera dilakukan pergantian plat kopling. Biayanya pun tentu lebih mahal jadi memiliki mobil matic juga harus diimbangi dengan dana perawatan mobil yang besar.

Itulah informasi yang bisa kami berikan terkait pengertian, perbedaan, dan daftar harga oli transmisi mobil terbaik. Selain informasi di atas, pastikan bahwa anda mengganti oli mobil di tempat ganti oli terpercaya. Salah satunya adalah Cakra Motor 11. Toko ini sudah terkenal dimana-mana dan dipercaya sebagai salah satu toko oli transmisi mobil matic dan manual terbaik.

Beberapa alasan mengapa anda harus mengganti oli transmisi mobil di Cakra Motor 11 yaitu:

  • Cakra Motor 11 merupakan toko oli terpercaya dengan beberapa cabang yang semuannya menjadi salah satu toko oli terkenal.
  • Pelayanan yang diberikan di Cakra Motor 11 merupakan salah satu yang terbaik dan tidak akan mengecewakan anda.
  • Oli yang dijual di sini merupakan salah satu yang terlengkap sehingga semua oli mobil yang anda perlukan bisa anda dapatkan di Cakra Motor 11.
  • Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11/) . Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indhttps://www.tokopedia.com/cakramotor11/product?keyword=0w20onesia.
Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.