Ganti Oli Gardan Mobil – Setiap pemilik mobil pasti sudah kenal oli mesin dan apa itu fungsinya. Oli mesin wajib diganti secara rutin karena lama-lama oli akan kotor, berkurang, dan tak bisa melumasi mesin dengan sempurna lagi. Nah selain oli mesin, ada pula oli gardan yang juga perlu diganti secara berkala. Sebenarnya apa sih oli gardan dan apa fungsinya?

Di dalam sebuah mobil ada komponen mesin, transmisi, dan gardan atau differensial. Gardan pada mobil memiliki fungsi vital, yaitu mengubah arah putaran mesin menuju roda serta memperbesar momen. Gardan seringkali kita jumpai pada mobil berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) serta mobil berpenggerak empat roda (4WD).

Gardan membutuhkan oli khusus yang dinamakan oli gardan, yaitu sebuah cairan atau fluida yang berfungsi melumasi gear di dalam gardan. Oli ini berfungsi oli melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan di dalam box gardan serta memperlancar kinerja transmisi otomatis.

Oli gardan cenderung sering diabaikan pemilik mobil, tidak seperti oli mesin. Salah satu sebabnya adalah letaknya yang berada di tengal axel belakang. Padahal oli gardan wajib diganti secara rutin. Jika tidak, kinerja kendaraan akan menurun. Ketika mesin bekerja akan terdengar bunyi dari box transmisi, semacam “ngung-ngung.” Jika dibiarkan, lama-lama mesi bisa rusak. Bunyi itu berasal dari gear yang sudah bekerja terlalu keras tanpa didukung pelumasan yang baik alias oli gardannya sudah waktunya ganti.

Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Mobil ?

ganti oli gardan mobilAnda tentu tak perlu menunggu sampai mesin Anda mengeluarkan suara semacam itu untuk mengganti oli gardan. Kerusakan pada gardan bisa membuat Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih mahal. Jadi para pakar otomotif menyarankan untuk mengganti oli gardan Anda dengan interval 30.000 sampai 50.000 km untuk oli gardan belakang, dan  25.000 sampai 30.000 km untuk oli gardan depan (transaxle/AWD).

Jika Anda bingung, Anda bisa membaca buku panduan mobil/manual untuk mobil Anda. Namun untuk lebih mudahnya Anda bisa bertanya langsung pada montir atau mekanik yang biasa menangani mobil Anda di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Ingat, kebutuhan setiap mobil berbeda, jadi jangan sampai Anda salah dalam memilih jenis oli yang cocok untuk mesin mobil Anda.

Ciri-ciri oli gardan perlu diganti

Agar lebih jelas lagi, kami akan sedikit menguraikan ciri-ciri oli gardan Anda sudah waktunya diganti. Simak baik-baik.

  1. Terdengar bunyi ngung. Sebagaimana disinggung di atas, bila Anda mendengar bunyi ngung dari dalam mobil (tepatnya dari kotak transmisi), maka sudah waktunya Anda mengganti oli gardan mobil Anda.
  2. Mobil bergetar saat berjalan. Mobil yang sedang berjalan tentu saja bergetar dan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun khusus untuk oli gardan, getaran hanya akan terasa ketika mobil melewati jalan turunan. Penyebabnya, ketika jalan menurun beban mobil tertumpu pada gardan. Hal ini menyebabkan perkaitan roda gigi menjadi semakin kencang; tanpa pelumas atau oli gardan yang baik getaran akan sangat terasa ketika jalanan menurun.
  3. Suara limbung. Selain bunyi ngung, terkadang terdengar suara limbung ketika mobil bergerak. Semakin cepat kendaraan Anda bergerak, semakin keras suara limbungnya. Ini disebabkan oleh perkaitan pada final gear tidak bekerja dengan sempurna karena tidak adanya pelumasan yang baik dari oli gardan yang sudah lawas alias perlu diganti.
  4. Mobil berbunyi saat berbelok. Bila mobil Anda selalu mengeluarkan bunyi aneh ketika Anda sedang berbelok, itu pertanda oli gardan Anda perlu diganti. Pasalnya, gardan hanya akan efektif bekerja ketika mobil sedang berbelok. Pada saat mobil sedang berbelok, perkaitan roda gigi di dalam gardan menjad kian kompleks. Jika oli gardannya sudah tua, maka roda gigi yang berkaitan bisa menimbulkan suara aneh itu.
  5. Oli gardan encer dan terkontaminasi. Oli gardan yang masih baru mempunyai tingkat viskositas alias tingkat kekentalan hingga SAE 70. Namun setelah masa pakai oli gardan sudah habis atau sudah lama tidak diganti, oli ini akan menjadi encer dan dikotori oleh friksi dari roda gigi dan panas yang muncul ketika gardan bekerja. Dan sebagaimana bisa diduga, bila oli sudah encer maka daya pelumasannya terhadap gardan akan berkurang dan masalah-masalah di atas pun akan timbul dengan sendirinya.

 

Baca Juga : Oli Mobil Diesel Amsoil Signature Series 5w30

 

Memilih oli gardan untuk mobil Anda

Dibandingkan oli mesin biasa, oli gardan mempunyai tingkat kekentalan yang cukup besar. Untuk mobil-mobil umum tipe MPV, oli gardannya memiliki tingkat kekentalan hingga SAE 75-90. Sedangkan untuk mobil yang lebih besar seperti truk dan bus tingkat kekentalan oli gardannya bisa mencapai SAE 90. Ini lantaran beban truk dan bus lebih besar.

Mengganti oli gardan sendiri

Umumnya orang mengganti oli gardan mobil mereka dengan pergi ke bengkel karena lebih cepat dan praktis. Biasanya mereka mengganti oli gardannya bersamaan dengan ganti oli atau servis rutin / tune-up. Tapi jika Anda ingin melakukannya sendiri itu, tentu Anda bisa selama Anda memiliki peralatannya.

Mengganti oli gardan sendiri tidaklah serumit yang dibayangkan. Setelah Anda membeli satu botol oli gardan, bukalah baut penguras pada gardan untuk mengeluarkan oli lama, tunggu sampai oli lama keluar semuanya dan habus, kemudian tutup baut penguras dan isikan oli gardan yang baru melalui baut pengisi hingga oli meluber. Anda bisa melihat tutorialnya di YouTube atau mempelajari langsung cara montir mengganti oli gardahttps://www.tokopedia.com/cakramotor11n kliennya.

Sayangnya, beberapa jenis mobil kadang memiliki kolong yang terlalu rendah sehingga Anda butuh dongkrak untuk mendongkrak satu sisi belakang mobil. Ini hanya bisa dilakukan jika Anda punya peralatannya dan cukup berpengalaman. Kendala kedua adalah tidak semua mobil memiliki baut penguras pada gardannya. Untuk mengganti oli, Anda harus membuka cover gardannya yang memiliki banyak baut.

Nah bila Anda ingin pergi ke bengkel agar praktis, bengkel apa yang paling direkomendasikan?

Di mana membeli oli gardan?

ganti oli gardan mobilAnda tentu saja bisa mendapatkan oli gardan dari mana saja, baik dari toko oli, bengkel resmi, bengkel biasa, atau dari toko online. Dan di antara sekian banyak tempat, Cakra Motor 11 adalah yang paling direkomendasikan. Mengapa? Sebab Cakra Motor 11 memiliki koleksi oli yang paling lengkap dan harganya pun lebih terjangkau.

Cakra Motor 11 ada di Tokopedia Official Store ( https://www.tokopedia.com/cakramotor11 )dan juga membuka lima cabang di kawasan Jabodetabek. Mereka sudah beroperasi selama lebih dari 30 tahun dan sudah dipercaya oleh masyarakat sebagai pusatnya aki dan oli. Cakra Motor 11 hanya menjual produk-produk asli bergaransi, jadi Anda tak perlu ragu lagi. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 0877-777-96-334.

Tags: , , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.