Bagikan!

3 Fungsi Evaporator AC Mobil dan Cara Merawatnya

evaporator ac mobil

evaporator ac mobil

Fungsi evaporator AC mobil penting banget karena untuk menjaga kualitas udara biar tetap dingin. Komponen inilah yang menyerap udara panas pada kendaraan Bosque lalu menghembuskan udara yang lebih dingin.

Artinya, kenyamanan waktu berada dalam mobil salah satunya tergantung pada kualitas evaporator. Pada artikel ini bakal mengulas lengkap seputar apa aja fungsi evaporator dan cara menjaga kualitasnya.

Pengertian Evaporator AC Mobil

Evaporator AC merupakan bagian yang penting banget dalam rangkaian air-conditioner mobil. Letak komponen ini ada di sisi luar dan sebagai tempat keluarnya udara dingin atau sejuk ke area kabin. Lalu, seperti apa cara kerjanya?

Buat cara kerja evaporator sebenarnya tergantung freon AC. Awalnya, freon bakal melakukan pengabutan pada area katup ekspansi atau ekspansi valve. Proses ini berlangsung karena tekanan maupun temperatur yang rendah.

Lalu pengabutan yang berbentuk udara serta bersuhu dingin bakal disalurkan ke kabin lewat evaporator. Artinya waktu Bosque merasa AC gak berfungsi, bisa jadi masalah ada pada evaporator.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Pelajari beberapa fungsi evaporator pada mobil secara lebih lengkap seperti berikut ini!

1. Memastikan Kinerja AC

Fungsi pertama dari evaporator adalah memastikan bahwa kinerja AC tetap optimal seperti seharusnya. Indikatornya bisa Bosque cek lewat udara yang keluar dari AC tersebut.

AC yang bermasalah biasanya gak ngeluarin hawa sejuk. Waktu mobil Bosque mengalami kondisi semacam ini, kemungkinan besar masalah ada pada evaporator.

2. Mengubah Freon

Fungsi evaporator AC mobil yang kedua yakni mengubah freon. Refrigerant atau yang biasa dikenal dengan istilah freon akan diubah menjadi udara dingin berbentuk uap.

Lalu freon pun dipompa dan evaporator juga yang bakal menentukan seberapa cepat AC dalam mendinginkan mobil Bosque. Bahkan suhunya pun bisa mencapai angka 100 derajat Celsius.

Pada suhu yang maksimal tersebut, freon juga bakal diarahkan ke kondensor sehingga mampu mencapai suhu 60 derajat Celsius. Proses ini pakai bantuan cooling fan dan freon pun pada akhirnya cair serta berbentuk gas yang membawa hawa dingin dalam kabin.

3. Menyalurkan Sirkulasi

Seperti penjelasan sebelumnya, fungsi evaporator AC mobil yaitu sebagai penyalur udara dingin. Ini juga berarti bahwa komponen tersebut akan menyalurkan sirkulasi udara.

Bahkan, evaporator juga mampu menyaring udara kotor sehingga menjadi udara bersih. Bosque sebagai pemilik mobil atau penumpang pun bisa menghirup udara secara aman dan nyaman.

Sementara itu, evaporator yang kondisinya kotor biasanya bakal mengganggu penyaluran panas yang berasal dari udara. Aliran sirkulasi pun jadi terganggu dan berakibat pada sistem pendingin menjadi gak optimal.

Pada akhirnya, udara yang keluar terkesan bau. Itulah mengapa Bosque harus selalu mengecek kondisi evaporator dan komponen-komponen AC lainnya. Dengan begitu, performa AC tetap terjaga dan menjalankan fungsi sebagaimana seharusnya.

Cara Merawat Evaporator AC Mobil

Selain memahami fungsi evaporator AC mobil, gak kalah penting juga mesti paham cara merawatnya. Masih banyak pemilik mobil yang hanya bakal memeriksanya waktu AC mulai bermasalah.

Padahal mau bermasalah atau gak pun tetap harus melakukan pengecekan rutin. Bosque juga gak mau kan tiba-tiba harus mengeluarkan bujet besar sekaligus karena kondisi AC yang sudah parah? Maka dari itu, lakukan beberapa perawatan evaporator AC seperti berikut.

1. Lakukan Pemeriksaan Sistem AC

Cara perawatan yang pertama dan penting banget Bosque lakuin yaitu memeriksa sistem AC secara rutin. Berapa lama durasi Bosque harus melakukan pengecekan ini? Ya paling-paling setahun sekali lah.

Sistem AC memang perlu Bosque kontrol secara rutin karena komponen tersebut cukup sering dipakai setiap kali Bosque berkendara. Apalagi jika mobil Bosque memang merupakan daily car dan tiap hari pakai AC.

Bisa jadi pengecekannya gak perlu nunggu setahun sekali. Dalam proses pengecekan sistem AC, salah satu komponen yang gak boleh Bosque lewatin yaitu evaporator.

Ini karena fungsi evaporator AC mobil yang krusial banget. Masalah yang dialaminya bisa jadi mengganggu komponen lain atau kinerja AC secara keseluruhan. Jangan nunggu kerusakan baru Bosque perbaiki melainkan lebih “sedia payung sebelum hujan”, bukan?

2. Bersihkan Filter Udara

Hal selanjutnya yang Bosque perlu lakukan biar evaporator kualitasnya terjaga yaitu bersihin filter udara. Ini penting karena fungsi filter adalah menyaring debu maupun kotoran yang masuk pada sistem AC mobil.

Waktu Bosque gak bersihin filter secara rutin, lama-kelamaan performanya pun akan menurun. Akibatnya, evaporator yang bakal sulit bekerja secara optimal karena banyaknya kotoran dan debu yang menumpuk.

Evaporator ini punya masa kerja alias durasi tertentu. Nah, waktu Bosque mampu merawatnya secara baik dan kebersihan filter bisa dijaga, usia evaporator pun jadi lebih lama.

3. Pastikan Gak Lembap

Sebenarnya, mobil Bosque apalagi jika keluaran terbaru sudah pakai strip defroster. Teknologi ini tugasnya membantu menghasilkan panas sehingga kabut pun bisa hilang. Meski demikian, sebaiknya Bosque tetap melakukan pemeriksaan langsung pada sistem AC.

Lakukan pengecekan rutin seperti mengeringkan evaporator setelah Bosque memakai AC. Apalagi kalau AC sudah beroperasi dalam waktu cukup lama. Lalu kenapa harus mengeringkan evaporator AC mobil?

Tujuannya biar bisa mencegah keluarnya bau gak enak pada sistem AC. Ini sekaligus memberikan pengaruh positif pada kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Sudah Tahu Fungsi Evaporator AC Mobil?

Fungsi evaporator memang penting banget dalam menghadirkan udara yang sejuk dan berbau sedap dalam kabin. Namun, pastinya seiring berjalannya waktu, performa evaporator akan menurun. Maka dari itu, Bosque harus melakukan pengecekan rutin. Alhasil, performa evaporator tetap terjaga dan bakal tetap menjalankan fungsinya.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait