Cakra Motor Logo
Search

Bagikan!

Fungsi dan Cara Menggunakan Cruise Control

Fungsi dan Cara Menggunakan Cruise Control

Mobil dari dulu sampai sekarang sudah jauh sekali perbedaannya, dulu mah gak ada ya bosque mobil berpenggerak roda depan, sekarang sudah ada mobil penggerak roda depan. Bahkan perbedaan-perbedaan ini membuat kita takjub akan perubahan dan perkembangan teknologi, sampai-sampai fitur canggih sudah menjadi hal yang lumrah untuk mobil-mobil saat ini.

Seperti contohnya saja fitur blind spot di mobil yang memungkinkan kita tahu ada benda lain baik kendaraan atau pun manusia yang ada di sekeliling blind spot kita. Adanya fitur ini kita jadi lebih aman dan tenang dalam berkendara.

fungsi cruise control

Saat ini fitur yang cukup banyak ditemui bahkan di mobil-mobil harga menengah adalah contohnya fitur camera mundur. Udah gak repot lagi deh buat bosque yang kesulitan dalam belajar parkir mobil, karena udah gampang banget. Ada lagi nih bosque fitur yang cukup oke dan ternyata cukup membantu loh dalam kita mengemudi, yaitu Cruise Control. Fitur ini memiliki fungsi menjaga laju mobil dalam kecepatan yang kita inginkan, dan uniknya tanpa perlu menginjak pedal gas.

Keunggulan Fitur Cruise Control:

  • Membuat pengemudi jadi bisa beristirahat sejenak, karena cruise control bisa digunakan ketika di jalan tol yang cukup lengang dan bisa mengistirahatkan kaki sejenak.
  • Mengurangi risiko bahaya kecelakaan, adanya fitur ini bisa membuat pengemudi lebih baik dalam mengemudi yang bisa saja terjadi human error malah menginjak gas secara tiba-tiba, karena fitur kecepatannya yang konstan dan stabil.
  • Fitur cruise control premium sudah terdapat radar serta kamera yang bisa menjaga kendaraan tetap pada jarak aman di depannya secara otomatis.
  • Fitur Cruise Control ini sudah bis akita dapatkan di mobil 200 jutaan loh bosque, sudah ada di Mitsubishi Xpander Ultimate, Xpander Cross, Suzuki S-Cros, Nissan Magnite, MG ZS, Kia Sonet, sampai Honda Jazz RS.Cara menggunakan cruise control?
  • Mengatur batas kecepatan.

Pertama yang perlu kita ketahui adalah berapa batas kecepatan yang kita inginkan, misalnya saja di TOL minimal adalah 60 km/jam. Lalu tekan saja tombol Cruise Control dan SET secara bersama untuk mengaktifkan, jika udah aktif nih, mobil bakalan melaju sesuai dengan kecepatan yang kita atur tadi bosque.

Untuk menontaktifkannya tinggal menekan tombol SET lagi atau dengan menginjak pedal rem saja, lalu cruise control pun akan secara otomatis berhenti beroperasi dan kita bisa menggunakan mobil secara manual.

Penjelasan button cruise control:

  • ON/OFF.

Tombol ini untuk mengaktifkan dan menonaktifkan cruise control, dan kita bisa dengan mudah melihat apakan cruise control ini sudah aktif atau belum di bagian panel dashboard mobil.

  • Res+.

Tombol ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan laju mobil, setiap kita menekan ini akan bertambah akselerasi laju mobil sebanyak 1 mph.

  • Set -.

Kalau tombol ini merupakan untuk mengurangi kecepatan dari kecepatan yang udah kita tentukan sebelumnya. Sebaliknya dari Res +, kecepatan mobil akan berkurang sebanyak 1 mph.

  • Cancel.

Button ini merupakan fitur untuk menonaktifkan fitur cruise control, sama seperti dengan menggunakan pedal rem tadi ya bosque.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait