Bagikan!

Pengertian dan Fungsi Ball Joint dalam Sistem Suspensi Mobil

Fungsi ball joint sebagai salah satu komponen mobil, tentu memiliki peranan yang cukup penting. Namun, tak sedikit orang yang kurang memahami kegunaan dari komponen tersebut. Padahal, kerusakan salah satu komponen saja dapat berakibat fatal pada sistem suspensi kendaraan. 

Mungkin selama ini Bosque masih sering mengabaikan perawatan ball joint di kendaraannya. Untuk lebih memahami kegunaan ball joint sebagai salah satu komponen penting dalam mobil, mari simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Ball Joint?

Bosque, tahukah kamu apa sih itu ball joint dalam mobil? Ball joint pada dasarnya komponen mobil yang berada pada sistem suspensi.

Terletak di antara steering knuckle dan arm, ball joint memiliki pengaruh yang cukup penting terhadap kenyamanan pengemudi.

Fungsi ball joint yang perlu Bosque pahami untuk menjaga stabilitas roda ketika melakukan belokan. Tidak hanya belokan, tetapi juga saat mengalami benturan pada jalan yang rusak dan bergelombang.

Berbentuk bulat ball joint memiliki fungsi yang hampir mirip dengan sendi putar di lengan. 

Ia akan membantu sistem suspensi menerima beban ketika bergerak secara vertikal maupun lateral, sehingga saat berbelok kendaraan terasa ringan dan dapat bergerak fleksibel.

4 Fungsi Ball Joint

Dalam sistem suspensi mobil, ball joint memiliki beberapa fungsi penting nih Bosque. Yuk simak 4 fungsi ball joint yang wajib Bosque pahami berikut ini!

1. Menjaga Stabilitas dan Keseimbangan Roda

Keberadaan ball joint dalam sistem suspensi berguna untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan roda mobil, terutama pada jalanan berkelok dan rusak.

Ball joint akan membuat gerakan roda menjadi lebih fleksibel saat bergerak secara vertikal. Kondisi ini akan membuat gerakan mobil tetap stabil di berbagai media jalanan.

2. Menjaga Kontrol Kemudi

Karena bisa menjadikan gerakan roda menjadi lebih fleksibel, maka keberadaan ball joint juga membuat kontrol pada kemudi jauh lebih ringan. Karenanya, mobil dapat beroperasi secara terkendali saat berada di jalanan.

3. Menyerap Guncangan

Ketika melewati jalanan yang bergelombang dan berlubang, ball joint akan membantu menyerap guncangan akibat ban yang bersentuhan dengan jalan yang buruk. Dengan begitu, fungsi ball joint juga dapat mencegah kerusakan pada sistem suspensi akibat benturan roda pada jalanan yang rusak.

4. Menjaga Hubungan Poros dan Roda 

Untuk menjaga posisi roda tetap lurus dan tidak bergoyang saat berkendara, maka keberadaan ball joint berguna untuk memastikan roda dan porosnya tetap terhubung. 

Perlu Bosque catat, ball joint merupakan komponen penting dalam sistem suspensi mobil, terutama dalam hal kontrol roda dan kemudi.

4 Tanda-Tanda Ball Joint Harus Diganti

Sama seperti komponen mesin lainnya dalam kendaraan, ball joint juga akan mengalami kerusakan loh! Salah satu penyebabnya, masa pakai. Kerusakan pada ball joint dapat Bosque segera perbaiki dengan memperhatikan tanda-tanda berikut.

1. Mobil Sulit Dikendalikan

Ketika berkendara di jalanan yang rusak, mobil lebih sulit dikendalikan, terutama saat berbelok. Bahkan, guncangan akibat jalan yang bergelombang akan terasa tidak nyaman bagi pengemudi dan penumpang. 

Pada dasarnya, sering melewati kendaraan yang tidak rata juga dapat mengakibatkan ball joint menjadi lebih cepat rusak.

2. Suara Mobil Berisik

Tanda lainnya yang menunjukkan fungsi ball joint sedang tidak baik-baik saja, munculnya suara berdecit pada mobil saat berkendara. Nah, suara tersebut bahkan bisa terdengar sangat nyaring saat mobil sedang berbelok.

Maka dari itu, Bosque harus peduli dengan suara-suara aneh pada mobil. Siapa tahu, ada komponen yang rusak dan harus diganti, seperti ball joint.

3. Ban Cepat Rusak

Ciri lainnya yang paling jarang orang sadari, ban mobil yang lebih cepat rusak, terutama ban luar. Meski tidak melulu disebabkan oleh ball joint, kerusakan pada ban mobil bisa menjadi salah satu ciri kerusakan ball joint. 

Jika melihat tanda tersebut pada kendaraan, Bosque harus segera lakukan pengecekan sebelum terlambat. Jangan menunda-nunda, kalau sudah terlanjur rusak, Bosque malah butuh budget lebih banyak.

4. Karet Penutup Debu Robek

Kalau mobil sering kotor dan kena debu, hati-hati juga, Bosque! Soalnya, kalau kotoran banyak numpuk, bisa bikin ball joint rusak, loh! 

Untuk ngeceknya gampang aja, biasanya bisa dikenali dari karet penutupnya yang sudah sobek. Jadi, Bosque harus rajin-rajin deh cek kondisinya biar gak makin parah. Kalau sudah rusak parah, bisa repot sendiri nanti.

Bosque Sudah Tahukan Fungsi Ball Joint?

Setelah tahu fungsi ball joint, sudah jelas kalau komponen ini tuh bagian penting di sistem suspensi mobil. Bosque jangan menganggap remeh ball joint, ya! Sebelum rusak parah, Bosque perlu merawat mobil secara rutin. Salah satunya, ganti grease atau pelumas pada ball joint

Nah, kalau Bosque cari produk buat merawat mobil, Cakra Motor 11 bisa jadi pilihan yang oke banget. Jadi, gak usah pusing-pusing lagi deh nyari produk terbaik buat mobil kesayangan. Langsung aja mampir ke outlet Cakra Motor 11 terdekat atau beli online melalui website kami!

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait