Filter Oli MobilApa itu filter oli mobil? Filter atau saringan oli mobil berfungsi menyaring kotoran yang ada di dalam mesin. Kotoran tersebut akan disaring terlebih dahulu sebelum nanti oli akan dialirkan ke semua bagian mesin. Peran filter oli memang sangat penting karena tidak bisa kita bayangkan jika tidak ada komponen ini. Kotoran mesin akan ikut mengalir bersama dengan oli dan masuk ke semua komponen mesin.

Padahal mesin mobil harus selalu dalam kondisi bersih. Jika sampai ada kotoran yang masuk, akibatnya bisa mengganggu gesekan. Dampaknya bisa mengakibatkan mesin mobil cepat aus. Maka dari itu, filter oli mobil tidak bisa lepas dari mesin karena memiliki fungsi yang sangat penting.

Perlukan Filter Oli Mesin Diganti?

filter oli mobil

Banyak orang yang mungkin belum tahu bahwa filter oli mobil juga perlu diganti. Bukan hanya oli mesin dan oli transmisi mesin saja yang harus anda ganti. Biasanya, pergantian filter bersamaan ketika anda juga mengganti oli mesin. Namun ada juga yang berpendapat bahwa filter oli cukup diganti setiap 2 kali anda mengganti oli mesin. Akan tetapi, kami merekomendasikan anda menggantinya setiap kali ganti oli mesin.

Mengapa? Karena seperti yang sudah kami jelaskan bahwa peran filter oli mobil sangat penting. Jangan sampai ada kotoran satu pun yang masuk ke dalam mesin. Selain itu, harga filter oli yang tidak terlalu mahal seharusnya membuat anda tidak perlu berpikir dua kali untuk tidak menggantinya. Jika nanti sampai ada penyumbatan pada filter oli, kondisi ini bisa mengakibatkan mesin anda mengalami kerusakan yang parah.

Akibatnya, anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal dibandingkan harga filter oli tersebut. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk tidak mengganti filter oli mobil setiap anda ganti oli mesin. Dengan begitu, mobil anda bisa terhindar dari kerusakan mesin dan anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Akibat Filter Oli Mobil Tidak Diganti

Bagi anda yang ternyata lupa atau mungkin tidak memperdulikan kondisi filter oli mobil, maka akibatnya bisa fatal. Salah satu dampak umum yang kerap dialami adalah filter akan mengalami penyumbatan karena banyaknya kotoran. Kondisi ini mengakibatkan sirkulasi oli terganggu sehingga kinerja oli menjadi terhambat. Bukan hanya itu saja, mesin mobil juga akan bercampur dengan kotoran yang tidak disaring sehingga mempercepat mesin mengalami aus.

Permasalahan yang anda alami bukan sampai di situ saja. Kondisi terparah yang akan anda alami adalah mesin mobil mengalami rusak permanen. Tentunya fungsi filter oli mobil yang berperan untuk menyaring kotoran sudah tidak berfungsi lagi. Kotoran-kotoran tersebut akan dengan mudahnya masuk dan bercampur dengan oli. Mungkin di awal anda tidak merasakan gangguan yang parah. Namun jika anda diamkan dan tetap tidak mengecek kondisi mobil anda, maka kemungkinan besar anda sudah tidak bisa menjalankan mobil anda.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan kondisi filter oli mobil. Jangan sampai anda menyesal karena kurang menjaga kebersihan mesin sehingga anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Akan sangat disayangkan jika hal ini menimpa anda dikarenakan oleh permasalahan yang sebenarnya sederhana namun karena dibiarkan sehingga semakin parah.

Kapan Waktu Terbaik Mengganti Filter Oli Mobil?

Setelah anda mengetahui betapa pentingnya mengganti filter oli mobil. Sekarang mungkin anda mulai bertanya kira-kira kapan waktu terbaik untuk melakukan pergantian filter? Dengan begitu, filter mobil mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Mesin anda pun tidak akan mengalami masalah dan anda bisa merasakan kenyamanan ketika berkendara.

Sebenarnya, waktu terbaik untuk mengganti filter oli mobil adalah setiap kali anda mengganti oli mesin. Akan tetapi, anda bisa melihat kondisi filter apakah memang harus diganti atau tidak. Jika ternyata kondisi filter masih bagus karena anda jarang mengendarai mobil, mungkin anda bisa menggantinya ketika pergantian oli selanjutnya. Namun, ketika anda sering mengendarai mobil tersebut, tentunya disarankan untuk mengganti filter setiap kali anda mengganti oli.

Selain itu, bagi anda yang masih belum tahu caranya mengecek kondisi filter oli. Anda bisa bertanya ke bengkel sekaligus anda ganti oli mobil. Anda juga bisa meminta saran apakah filternya perlu diganti atau tidak. Setelah anda tahu cara mengecek kondisi filter oli, anda tidak perlu lagi ke bengkel karena anda sudah bisa mengeceknya sendiri di rumah.

Tips Memilih Filter Oli Mobil

filter oli mobilBerikut ini beberapa tips agar anda tidak salah pilih filter oli mobil:

  • Anda harus memilih filter oli mobil dengan ulit serta diameternya yang sesuai dengan mobil anda. Jangan memaksakan jika ternyata diameternya terlalu kecil atau besar. Hal ini bisa mengakibatkan pemasangan filter menjadi kurang maksimal. Bahkan bisa menyebabkan resiko terjadinya kebocoran sehingga mengakibatkan kerusakan pada mesin.
  • Anda harus memasatikan bahwa filter oli mobil yang anda beli sudah dilengkapi dengan katup by-pass. Fungsi katup ini sebagai jalan alternatif agar oli bisa tetap keluar ketika nanti terjadi penyumbatan oli.
  • Kami sarankan agar anda memilih filter yang juga sudah dilengkapi dengan katup anti balik. Tujuannya agar kita tahu letak pengikat filter.
  • Jika anda melihat bahwa posisi dari pengikat filter oli mobil ada di bawah dengan posisi horizontal, maka sebaiknya anda membeli filter yang sudah dilengkapi katup anti balik.

Mengapa kita harus memilih filter dengan katup anti balik? Manfaatnya adalah ketika mesin mati, yang ada di dalam filter malah bisa kembali lagi ke karter atau bak penampung oli. Jika hal ini dibiarkan, bisa berakibat kerusakan pada mesin ketika anda menghidupkannya. Di sisi lain oli memerlukan waktu yang lama agar bisa bersirkulasi normal, sementara mesin sudah anda nyalakan.

Maka dari itu, peran katup anti balik ini penting. Katup tersebut nanti akan berperan sebagai pegas yang aka menutup secara paksa oli. Dengan begitu, maka oli akan tetap ada di dalam mesin ketika mobil dalam posisi mati. Bagi anda yang mungkin masih bingung memilih kira-kira mana filter oli mobil yang paling sesuai dengan mobil anda, kami sarankan untuk bertanya ke tempat penjualan filter mobil.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan filter oli mobil. Seperti yang kita lihat bahwa peran filter mobil memang tidak boleh dilupakan. Anda tahu bahwa filter mobil berfungsi sebagai penyaring kotoran sehingga tidak sampai masuk ke dalam mesin bersamaan dengan oli. Tidak jauh berbeda dengan oli, filter pun juga harus anda ganti secara berkala namun harus menyesuaikan dengan kebutuhan mobil anda.

Sekarang kami yakin bahwa anda sudah tahu kira-kira kapan waktu terbaik untuk mengganti filter oli mobil. Selain itu, anda juga bisa memilih mana filter oli terbaik yang sesuai dengan kendaraan anda.

Cakra Motor 11, Toko Oli Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda bisa mendapatkan Filter Oli Mobil di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11) . Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Bagi yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 087777796334.

 

 

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.