DAFTAR MOBIL YANG MENGGUNAKAN CVTF

HONDA CVTF 3,5LT

CVTFContinuously Variable Transmission atau CVT merupakan salah satu jenis transmisi otomatis. Transmisi otomatis pada umumnya masih memiliki komponen berupa gigi penggerak yang dapat berpindah secara otomatis. Akan tetapi, CVT menggunakan komponen berupa puli dan sabuk baja. Dengan demikian, perpindahan kecepatan dapat dilakukan dengan lebih senyap dan tidak terjadi hentakan layaknya pada mobil dengan transmisi manual.

Karena memiliki sistem kerja yang berbeda dengan mesin transmisi otomatis pada umumnya, maka mesin CVT juga memerlukan pelumas yang secara spesifik dapat digunakan untuk menjaga kinerjanya agar tetap maksimal. Continuous Variable Transmission Fluid (CVTF) merupakan spesifikasi pelumas mesin transmisi otomatis yang diformulasikan untuk keperluan tersebut. 

Di pasaran saat ini, CVTF dijual berdampingan dengan produk oli ATF lain. Meskipun demikian, tentu keduanya berbeda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan antara pelumas ini dengan pelumas ATF lain pada umumnya.

Perbedaan Pelumas CVTF dengan Pelumas ATF

HONDA CVTF 3,5LTPerbedaan mendasar antara pelumas CVTF dengan pelumas ATF terletak pada penggunaannya. Pelumas ATF biasanya kompatibel dengan berbagai jenis mesin transmisi otomatis konvensional dengan berbagai tingkatan kecepatan.

Di sisi lain, pelumas CTVF hanya dapat digunakan pada mobil yang memiliki mesin transmisi dengan sistem CTV. Oleh karena itu, kedua jenis pelumas ini tidak dapat digunakan untuk saling menggantikan antara satu dengan yang lainnya. 

Mesin transmisi dengan sistem CTV sangat rentan terhadap panas dan gesekan karena mesin ini menggunakan puli dan sabuk baja. Pelumas CVTF memiliki resistensi terhadap panas dan gesekan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelumas ATF.

Meskipun demikian, pelumas jenis ini memiliki tingkat viskositas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelumas ATF. Pelumas ATF bekerja pada gear mesin transmisi otomatis. Oleh karena itu, tingkat viskositas yang rendah sangat diperlukan agar proses pergantian kecepatan dapat berlangsung dengan mulus.

Berbeda halnya dengan mesin transmisi dengan sistem CVT yang tidak memiliki gear, tingkat viskositas yang rendah tidak diperlukan. Pelumas dengan tingkat viskositas yang rendah justru akan mengurangi kinerja puli dan sabuk baja. Apabila mesin CVT menggunakan pelumas dengan tingkat viskositas yang rendah, maka responsi mengemudi justru akan berkurang. Artinya, apabila pengemudi ingin merubah kecepatan, maka mesin transmisi CVT akan memerlukan waktu lebih lama untuk merespon hal tersebut. 

Penggunaan Pelumas CVTF

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pelumas CVTF diformulasikan secara khusus untuk mesin transmisi otomatis dengan sistem CVT. Hanya mobil dengan sistem transmisi otomatis tersebutlah yang dapat menggunakan pelumas dengan spesifikasi ini. Mobil dengan sistem transmisi CVT sendiri di pasaran saat ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Mobil matic CVT yang diproduksi oleh Nissan, Toyota, Mitsubishi, Subaru, Daihatsu, Mazda, Suzuki, Hyundai, Chrysler, Mini Cooper, dan Ford dapat menggunakan pelumas berkualitas ini.

Daftar Pelumas CVTF

Perbandingan antara mobil matic yang menggunakan sistem transmisi otomatis konvensional dengan sistem transmisi CVT sangat berbeda jauh. Jadi tidak mengherankan apabila produk pelumas CVTF yang beredar di pasaran saat ini memiliki variasi yang lebih sedikit. Berikut ini adalah daftar produk pelumas dengan spesifikasi tersebut yang dapat Anda temukan di pasaran.

  • HONDA CVTF
  • TOYOTA CVTF
  • AISIN CVTF MULTI CFEX
  • IDEMITSU EXTREME CVTF
  • AMSOIL CVT TRANSMISSION FLUID
  • KIXX CVTF

Cakra Motor 11, Pusatnya Toko Oli Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda dapat membeli segala jenis oli CVT di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia, Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini cakra motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan yang berada di luar kota dan ingin membeli aki, oli, maupun suku cadang mobil lainnya. Anda dapat mengakses toko online resmi ini di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual adalah barang original dan selalu ready stock. Anda juga akan mendapatkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh penjuru Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait