DAFTAR MOBIL YANG MENGGUNAKAN ATF WS

TOYOTA ATF WS 4LT

ATF WS – Anda mungkin mengenal Toyota sebagai salah satu produsen mobil dan perangkat elektronik. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Toyota juga memproduksi pelumas untuk mesin transmisi otomatis atau yang dikenal dengan Automatic Transmission Fluid (ATF). Salah satu produk unggulan yang diproduksi oleh Toyota adalah ATF WS (World Standard).

Pelumas ATF WS sendiri berbeda dengan pelumas pendahulunya, yaitu ATF T4. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kedua produk dari Toyota tersebut merupakan spesifikasi baku pada pelumas mesin transmisi otomatis semua mobil matic dari Toyota.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak hanya akan membahas mengenai keistimewaan dari oli ATF WS, melainkan juga mobil apa saja yang dapat menggunakan oli ATF ini.

Pelumas ATF WS

 

TOYOTA ATF WS 4LTPelumas ATF WS diproduksi pada tahun 2002, beberapa tahun setelah Toyota merilis ATF Type T4. Meskipun demikian, pelumas ini tidak berarti lebih baik daripada pelumas pendahulunya. Kedua oli ATF ini memiliki spesifikasi penggunaan yang berbeda. Oli ATF ini diformulasikan secara khusus untuk mobil matic dengan sistem transmisi yang berbeda dibandingkan dengan sistem transmisi pada mobil matic yang dapat menggunakan produk pendahulunya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila ATF WS tidak dapat digunakan untuk menggantikan oli ATF lain, termasuk oli ATF T4.

Perbedaan lain yang dimiliki oleh spesifikasi oli standar dunia ini terletak pada sifatnya yang mudah menyerap kelembaban. Fitur khusus ini sengaja disisipkan pada oli ATF ini untuk mencegah oksidasi pada komponen mesin transmisi otomatis. Dengan demikian, mesin transmisi tersebut dapat bertahan lebih lama. Karena sifatnya yang mudah menyerap kelembaban ini, sangat disarankan untuk tidak menggunakan oli yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Untuk menjaga kualitasnya yang prima, Anda harus menggunakan oli  baru yang masih tersegel.

Penggunaan Pelumas ATF WS

Pertimbangan utama ketika memilih pelumas ATF adalah kecocokannya dengan mesin transmisi otomatis pada mobil. Pelumas ATF WS memiliki viskositas yang rendah, sehingga cocok digunakan pada mesin transmisi otomatis yang tidak mudah selip. Mobil dengan sistem transmisi hybrid dari Toyota sangat cocok menggunakan oli ATF ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan pelumas mesin transmisi otomatis ini pada mobil dengan mesin transmisi transaxle yang memiliki enam dan sepuluh tingkatan shift. Ketika menggunakan oli ATF ini, sebaiknya Anda tidak mencampurnya dengan oli lain untuk mencegah terjadinya penurunan kinerja oli. Berikut ini adalah daftar mobil yang dapat menggunakan oli jenis ini.

  • Toyota: Camry, Avalon, Highlander, Prius, Prius Prime, Sienna

Daftar Pelumas ATF WS

Pelumas ATF WS tergolong pelumas baru. Oleh karena itu, Anda masih dapat membelinya di pasaran dengan mudah. Saat ini terdapat berbagai merek oli yang memiliki spesifikasi ini. Apabila Anda memerlukan oli dengan spesifikasi ini, Anda bisa menggunakan daftar berikut sebagai panduan.

  • KENDALL ATF VERSA TRANS LV 
  • Q8 ATF AUTO JK 
  • AISIN ATF AFW PLUS FULLY SYNTHETIC
  • AMSOIL SIGNATURE SERIES ATF FUEL EFFICIENT WS
  • MOBIL 1 SYNTHETIC LV ATF HP

Mobil yang Dapat Menggunakan Pelumas ATF WS

Hampir semua mobil dengan sistem transmisi otomatis dapat menggunakan oli ATF WS. Akan tetapi, mobil dengan sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang memerlukan pelumas dengan spesifikasi yang lebih spesifik sangat tidak disarankan untuk menggunakan oli ATF ini. Beberapa produk oli dengan spesifikasi ini juga dapat digunakan untuk mobil Jeep.

Cakra Motor 11, Pusatnya Toko Oli Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda dapat membeli segala jenis oli ATF WS di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia, Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini cakra motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan yang berada di luar kota dan ingin membeli aki, oli, maupun suku cadang mobil lainnya. Anda dapat mengakses toko online resmi ini di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual adalah barang original dan selalu ready stock. Anda juga akan mendapatkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh penjuru Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711.

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait