DAFTAR MOBIL YANG MENGGUNAKAN ATF T4

TOYOTA ATF T4 4LT

ATF T4 – Seiring berjalannya waktu, teknologi mesin transmisi otomatis pada mobil mengalami perkembangan pesat. Dengan munculnya beragam jenis mesin transmisi otomatis tersebut, maka diperlukan pula pelumas yang sesuai. Pelumas untuk mesin semacam ini disebut dengan Automatic Transmission Fluid (ATF). 

Pelumas untuk mesin transmisi otomatis berbeda dengan pelumas untuk mesin transmisi manual. Secara umum, mesin transmisi otomatis memerlukan pelumas dengan tingkat viskositas tertentu. 

Di pasaran saat ini, beredar berbagai jenis pelumas ATF. Selain jenis Dexron, juga terdapat pelumas ATF WS dan ATF T4. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pelumas ATF T4 ini dan alasan apa yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih untuk menggunakan pelumas tersebut.

Pelumas ATF T4

TOYOTA ATF T4 4LTPada awalnya Toyota berusaha untuk menciptakan oli yang secara khusus dapat memaksimalkan kerja mesin transmisi otomatis. Pengembangan produk oli ini dilakukan pada saat yang bersamaan dengan peluncuran beberapa mobil matic oleh Toyota, yaitu sekitar tahun 1988. Pada saat itu, pelumas ATF pertama yang diluncurkan adalah Pelumas ATF Type T untuk mobil dengan mesin transmisi transaxle seperti Corolla. 

Pelumas Type T ini kemudian berkembang menjadi Type T2 untuk merespon permintaan pasar yang tinggi terhadap pelumas untuk mobil dengan transmisi otomatis yang dikendalikan secara elektronik. Pada tahun 1994, Toyota merilis ATF T3 dengan tingkat viskositas yang tidak setinggi pendahulunya. Toyota sengaja melakukan hal tersebut karena sering terjadi slip pada mesin transmisi otomatis yang dikendalikan secara elektronik tersebut. 

Baru pada tahun 1998 Toyota merilis ATF T4 ke pasaran. Produk terbaru ini memiliki tingkat viskositas yang sudah disesuaikan untuk segala jenis mesin transmisi otomatis, baik mesin transmisi transaxle maupun mesin transmisi yang dikendalikan secara elektronik. Oleh karena itu, pelumas ini dapat digunakan untuk menggantikan ketiga produk pendahulunya. Pelumas ATF T4 sendiri diformulasikan oleh Toyota untuk digunakan untuk mobil dengan sistem transmisi otomatis hybrid. Seperti yang telah kita ketahui bersama, pada tahun tersebut sudah banyak beredar mobil matic dengan sistem transmisi seperti itu.

Tingkat Viskositas pada ATF T4

Tingkat viskositas pada oli ATF merepresentasikan seberapa encer pelumas tersebut. Apabila pelumas tidak terlalu encer, maka pelumas tersebut tidak dapat menjangkau bagian terdalam dari mesin. Hal ini juga bisa mengakibatkan proses transmisi tidak mulus. Di sisi lain, apabila pelumas terlalu encer, maka energi yang dihasilkan mesin tidak akan tersalurkan sepenuhnya ke mesin transmisi mobil. Tidak hanya itu, peristiwa semacam ini juga sering mengakibatkan selip pada mesin transmisi.

Pertimbangan pertama ketika memilih oli ATF adalah jenis mesin transmisi yang digunakan. Pelumas ATF T4 sendiri adalah jenis mesin transmisi yang digunakan pada mobil matic. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pelumas ini dapat digunakan untuk berbagai jenis mesin transmisi. Akan tetapi, secara spesifik pelumas ini dapat bekerja secara maksimal untuk mobil matic Toyota yang memiliki mesin dengan transmisi hybrid. 

Daftar Pelumas ATF T4

Meskipun pertama kali dikembangkan pada tahun 1998, namun Anda masih dapat membeli pelumas ATF T4 ini dengan mudah. Toyota sebagai produsen oli ATF ini juga menyadari bahwa masih banyak konsumennya yang menggunakan mobil dengan sistem transmisi hybrid. Berikut ini adalah beberapa jenis pelumas ATF T4 yang dapat Anda temukan di pasaran saat ini.

  • BARDAHL ATF FULL SYNTHETIC SYNOTRAN MV T4
  • CASTROL TRANSMAX MV ATF GOLD
  • IDEMITSU EXTREME ATF
  • MOBIL 1 ATF FULL SYNTHETIC MULTI VEHICLE FORMULA
  • TOTAL FLUID MATIC MV
  • TOYOTA ATF T4
  • SHELL SPIRAX S5 ATF X 
  • MOBIL ATF 3309
  • AMSOIL SIGNATURE SERIES ATF MULTI VEHICLE T4
  • AISIN ATF WIDE RANGE AFW-VI FULLY SYNTHETIC

Mobil yang Dapat Menggunakan Pelumas ATF T4

Karena diproduksi oleh Toyota, tentunya pelumas ATF T4 ini sangat cocok untuk digunakan pada mobil matic yang juga diproduksi oleh perusahaan yang sama. Meskipun demikian, beberapa merek oli ATF juga dapat digunakan untuk mobil matic keluaran Mitsubishi dan Nissan. Berikut ini adalah daftar lengkap mobil yang dapat menggunakan produk ini.

  • Mitsubishi: New Pajero, Expander, New Triton.
  • Nissan: Navara, Almera, 370Z, Patrol.

Cakra Motor 11, Pusatnya Toko Oli Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda dapat membeli segala jenis oli ATF T4 di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia, Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini cakra motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan yang berada di luar kota dan ingin membeli aki, oli, maupun suku cadang mobil lainnya. Anda dapat mengakses toko online resmi ini di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual adalah barang original dan selalu ready stock. Anda juga akan mendapatkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh penjuru Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait