DAFTAR MOBIL YANG MENGGUNAKAN ATF DEXRON 6

ATF DEXRON 6

ATF Dexron 6 – Mobil matic atau mobil yang menggunakan mesin transmisi otomatis memerlukan pelumas yang berbeda dengan pelumas pada mobil dengan transmisi manual. Oli semacam ini dikenal dengan oli ATF (Automatic Transmission Fluid). Apabila Anda merupakan pemilik mobil matic, Anda pasti sering membaca tulisan ATF Dexron 6 pada kemasan oli. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai oli semacam ini. 

Oli ATF Dexron 6 merupakan generasi selanjutnya dari oli ATF Dexron 3. Sehingga, oli ATF ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Istilah Dexron pertama kali dipergunakan oleh General Motor (GM). Akan tetapi, ATF Dexron 6 tidak hanya dikembangkan oleh GM secara mandiri. Pada saat itu, GM bekerja sama dengan Ford untuk menciptakan oli ATF yang lebih baik dalam hal mengatasi permasalahan sistem transmisi otomatis. 

Perkembangan Oli ATF Dexron 6

 

ATF DEXRON 6

Klik Gambar Untuk Membeli dan Klaim Gratis Ongkir 100%

Pada tahun 2005, GM dan Ford saling berbagi ide dan desain terkait sistem transmisi otomatis pada mobil yang mereka ciptakan. Rupanya, oli ATF yang beredar di pasaran saat itu tidak cukup baik untuk sistem transmisi hasil ciptaan kerjasama kedua perusahaan besar tersebut. Oleh karena itu, mereka juga mencoba memformulasikan oli ATF terbaru untuk mengimbangi hasil karya mereka. 

Setahun kemudian, GM berhasil menciptakan oli ATF Dexron 6 seperti yang kita kenal sekarang. Di sisi lain, Ford juga menciptakan oli ATF Mercon LV (Low Viscosity). Saat ini, keduanya menjadi lisensi mendasar pelumas untuk mesin transmisi otomatis pada mobil. Oleh karena itu, ketika Anda membeli oli ATF, Anda akan melihat spesifikasi Dexron 6 diikuti dengan Mercon LV. 

Kelebihan Oli ATF Dexron 6 Dibandingkan dengan Pendahulunya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pendahulu oli ATF Dexron 6 adalah oli ATF Dexron 3, lebih tepatnya dari tipe (H). Karena merupakan generasi penerus, maka oli ATF ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh pendahulunya. Berikut ini adalah daftar kelebihan tersebut.

  • Tingkat viskositas yang lebih rendah.

Tingkat viskositas merupakan hal yang penting ketika memilih pelumas mesin. Tingkat viskositas pada oli ATF Dexron 6 terhitung lebih rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Oleh karena itu, pelumas mesin transmisi otomatis ini memungkinkan proses transmisi berjalan dengan lebih lancar.

  • Memiliki umur yang lebih panjang.

Keawetan ATF Dexron 6 juga merupakan sesuatu yang patut dipertimbangkan. Pemilik mobil matic yang menggunakan pelumas ini sudah terbukti tidak perlu terlalu sering mengganti pelumasnya apabila dibandingkan dengan oli ATF Dexron 3. Tidak hanya itu, mesin yang menggunakan oli ATF terbaru ini juga dapat menempuh jarak yang lebih jauh sebelum harus diganti lagi.

Daftar Pelumas ATF Dexron 6

Sebagai pelumas yang masih baru, ATF Dexron 6 masih dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Oli ATF ini masih sering dicari oleh pemilik mobil dengan sistem transmisi yang baru. Berikut ini adalah daftar pelumas mesin transmisi otomatis ini.

  • IDEMITSU EXTREME ATF 
  • MOBIL ATF DX6
  • TOTAL FLUID MATIC MV LV
  • KENDALL ATF VERSA TRANS LV 
  • AMSOIL SIGNATURE SERIES ATF FUEL EFFICIENT WS
  • MOBIL 1 SYNTHETIC LV ATF HP
  • AISIN ATF WIDE RANGE AFW-VI FULLY SYNTHETIC

Mobil yang Dapat Menggunakan ATF Dexron 6

Sebagai pelumas yang diformulasikan secara khusus untuk mobil dengan mesin transmisi otomatis, oli ATF Dexron 6 dapat digunakan pada berbagai jenis mobil matic yang terbaru. Mobil matic yang digunakan oleh Nissan dan Mitsubishi sangat cocok menggunakan oli mesin transmisi otomatis ini. Tentunya, pelumas ini tidak disarankan untuk digunakan pada mobil CVT. 

Cakra Motor 11, Pusatnya Toko Oli Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda dapat membeli segala jenis oli ATF Dexron 6 di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia, Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini cakra motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan yang berada di luar kota dan ingin membeli aki, oli, maupun suku cadang mobil lainnya. Anda dapat mengakses toko online resmi ini di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual adalah barang original dan selalu ready stock. Anda juga akan mendapatkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh penjuru Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait