Bagikan!

DAFTAR MOBIL YANG MENGGUNAKAN ATF DEXRON 3

ATF DEXRON 3

ATF Dexron 3 – Pemilik mobil matic pasti sudah tidak asing lagi dengan ATF DEXRON 3. Automatic Transmission Fluid (ATF) merupakan pelumas yang dirancang khusus untuk mesin mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis. Pelumas mesin mobil dengan transmisi otomatis ini sudah ada sejak teknologi transmisi otomatis dipergunakan pada mobil.

Oli ATF sendiri sudah mengalami perkembangan pesat. Perkembangan ini disebabkan karena pelumas generasi sebelumnya tidak mampu bekerja secara maksimal pada mesin mobil dengan transmisi otomatis. 

>> Promo: Beli Oli & Aki Original di Tokopedia Cakra Motor 11 dan dapatkan FREE Biaya Jasa Pemasangan di Bengkel Kami, cukup tunjukkan Invoice pembelian di Tokopedia. Klik dan beli di Tokopedia kami disini.

Penggunaan istilah Dexron itu sendiri digunakan pertama kali oleh General Motor. Pada awalnya, Dexron merupakan merek dagang dari General Motor. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi otomotif, terutama oli ATF, istilah ini kemudian dipatenkan menjadi sebuah lisensi. Artinya, penggunaan oli yang sesuai dengan standard General Motor, kemudian akan disebut oli ATF Dexron.

Perkembangan Pelumas ATF Dexron 3

 

ATF DEXRON 3

Klik Gambar Untuk Membeli dan Klaim Gratis Ongkir 100%

ATF Dexron 3 pertama kali diproduksi pada tahun 1993. Varian ini merupakan perbaikan dari varian sebelumnya, yaitu ATF Dexron 2. ATF Dexron 3 mengatasi beberapa permasalahan yang sebelumnya tidak dapat ditangani oleh pendahulunya. 

Peningkatan yang dimiliki oleh ATF Dexron 3 terbilang cukup signifikan dibandingkan dengan varian sebelumnya. Oli ATF ini memiliki ketahanan yang lebih baik menghadapi gesekan pada mesin transmisi otomatis dan suhu yang cukup ekstrim dibandingkan dengan varian lama. Tidak hanya itu, varian ini juga menggunakan komposisi bahan yang lebih stabil. Dengan demikian, proses oksidasi yang sering terjadi pada varian sebelumnya menjadi lebih berkurang.

Tipe Pelumas ATF Dexron 3

Pada umumnya, terdapat tiga tipe oli ATF Dexron 3. Ketiga tipe tersebut adalah Dexron 3(F), Dexron 3(G), dan Dexron 3(H). Perbedaan huruf tersebut menandai urutan produksi oli ATF pada varian ini. Terkadang huruf yang diberikan diikuti oleh nomor lisensi.

  • ATF Dexron 3(F)

Varian tipe (F) dikembangkan pada tahun 1994 dan baru mulai dipasarkan setahun kemudian. Para ahli otomotif saat itu berpendapat bahwa kondisi jalan akan memberikan guncangan pada mesin mobil, termasuk mesin transmisi otomatisnya. Tipe (F) ini dikembangkan agar goncangan tersebut tidak mempengaruhi kinerja dari mesin transmisi otomatis pada mobil.

  • ATF Dexron 3(G)

Setelah Tipe (F) dipasarkan, kondisi pasar kembali berkembang dan menuntut diproduksinya tipe terbaru. Banyak pengguna mobil dengan mesin transmisi otomatis dan power steering mengeluhkan terjadinya getaran ketika mesin mengalami proses transmisi. ATF Dexron 3(G) diproduksi untuk menjawab tantangan tersebut. Tipe yang dirilis pada tahun 1998 ini juga cocok digunakan pada berbagai jenis mesin industri yang memerlukan pelumas untuk menangani getaran akibat operasional dari mesin itu sendiri.

  • ATF Dexron 3(H)

Varian tipe (H) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003. Tipe (H) sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya. Tipe ini memiliki ketahanan terhadap gesekan dan suhu ekstrim lebih baik daripadai tipe (F). Selain itu, tipe ini juga dapat menangani permasalahan getaran pada mesin seperti halnya pada tipe (G). ATF Dexron 3(H) merupakan pelumas yang kompatibel dengan berbagai jenis teknologi mesin transmisi otomatis saat itu.

Daftar pelumas ATF Dexron 3

Meskipun pelumas varian ini merupakan varian pelumas lama, produk ini masih diproduksi. Bagaimanapun juga, masih ada pemilik mobil matic lama yang memerlukan pelumas ATF ini. Berikut ini adalah daftar merek oli ATF Dexron 3 yang masih dapat Anda temukan di pasaran saat ini.

  • BARDAHL ATF SYNOTRAN D3
  • BARDAHL ATF FULL SYNTHETIC SYNOTRAN MV T4
  • CASTROL ATF D3
  • CASTROL TRANSMAX MV ATF GOLD
  • MOBIL 1 ATF FULL SYNTHETIC MULTI VEHICLE FORMULA
  • MOBIL ATF MULTI PURPOSE
  • TOTAL FLUID MATIC MV 
  • AISIN ATF AFW PLUS FULLY SYNTHETIC
  • AISIN ATF AFW PLUS FULLY SYNTHETIC
  • AMSOIL SIGNATURE SERIES ATF MULTI VEHICLE T4

Mobil yang Dapat Menggunakan ATF Dexron 3

Pada umumnya, pelumas ATF Dexron 3 dapat digunakan pada berbagai jenis mobil dengan sistem transmisi otomatis, kecuali mobil CVT dan WS. Berikut ini adalah daftar beberapa jenis mobil yang dapat menggunakan oli ATF ini.

  • Toyota: Avanza, Corolla Lama, Corona Lama, Land Cruiser 1992-2000.
  • Daihatsu: Xenia, Terios, Rush, Sirion.
  • Suzuki: Every.

Cakra Motor 11, Pusatnya Toko Oli Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda dapat membeli segala jenis oli ATF Dexron 3 di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia, Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Klik Gambar untuk Mendapatkan Cashback!

Promo Cakra Motor 11

Kini cakra motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan yang berada di luar kota dan ingin membeli aki, oli, maupun suku cadang mobil lainnya. Anda dapat mengakses toko online resmi ini di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual adalah barang original dan selalu ready stock. Anda juga akan mendapatkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh penjuru Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait