Bagikan!

Ciri-Ciri Transmisi CVT Rusak

ciri transmisi cvt rusak

Cakramotor11.com, Ciri-Ciri Transmisi CVT Rusak – Kamu tim mobil matic atau manual bosque? Memang banyak yang beranggapan kalau untuk hidup diperkotaan itu paling cocok menggunakan mobil matic, seperti CVT. CVT merupakan transmisi otomatis yang jauh lebih modern dan juga halus, boleh dibilang dia ini adalah salah satu yang sempurna, karena minim hentakan dan juga sangat mudah digunakan.

Tetapi kamu juga perlu tahu bosque kalau transmisi CVT yang canggih ini juga perlu perawatan dan juga bisa saja bermasalah dan juga rusak. Kita perlu melakukan perawatan rutin pada CVT ini, minimal rutin mengganti oli dan pengecekan lainnya. Karena CVT ini cukup sensitif dan jika tidak diperhatikan dengan benar, maka bisa berimbas  pada rusaknya komponen lain.

CVT ini memang enak banget digunakan, tetapi kalau digunakan ugal-ugalan seperti berkendara dengan kasar, terlalu agresif, malah bisa rentan bermasalah. Hal kecil saja seperti mobil sedang berjalan dan tiba-tiba kamu turunkan gigi secara mendadak maka CVT akan bekerja ekstra dan mesin malah meraung kencang. Biasakan berkendara dengan halus, seperti masuk ke gigi D dulu baru lepas rem tangan, supaya kinerja transmisi kamu tetap baik.

Ciri Transmisi CVT Rusak:

  • Terasa hentakan yang cukup keras.

Sebetulnya dengan membeli mobil transmisi otomatis CVT itu minim sekali yang namanya hentakan. Namun ketika ini sudah terjadi, biasanya CVT sudah bermasalah. Hentakan ini bisa terasa saat masuk ke posisi gigi D atau Drive. Betigu posisig gigi mengarah ke D sebelum mobil berjalan lancar akan terasa hentakan, baru mobil bergerak jalan kembali. Untuk tanda seperti ini menjadi Analisa bahwa adanya masalah pada gearbox transmisi mobil CVT kamu.

  • Ada suara yang terdengar.

Suara ini bisa muncul saat perpindahan dari posisi gigi P ke R atau juga dari N ke D. Suara ini seperti suara yang kasar dengan benturan dan sering terdengar saat perpindahan transmisi mobil kamu. Jika semuanya normal, suara ini tidak akan muncul, namun jika ini sudah terasa, maka transmisi CVT sudah mulai perlu adanya pengecekan serta perbaikan.

  • Respon mundur jadi lemot.

Ketika mau memundurkan mobil kamu dan kok terasa jadi lebih lambar daripada biasanya, ini menjadi salah satu tanda CVT mobil kamu sudah mulai rusak. Saat perpindahan transmisi ke posisi R dan sudah injak gas, namun mobil tidak langsung mundur maka ini menjadi gejala yang perlu dikhawatirkan.

Rutin ganti oli bikin mobil CVT kamu jadi tetap sehat dan awet. Ganti oli mobil di Cakra Motor 11 sekarang, pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bengkel spesialis oli dan aki mobil. Semua produknya 100% Original.

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait