Bagikan!

Ciri Ciri Air Radiator Mobil Habis, Ketahui Dari Sekarang!

air radiator mobil

air radiator mobil

Bosque di rumah memiliki mobil? Pastikan untuk selalu mengecek kondisi radiator. Dalam bagian tersebut, terdapat komponen air yang berguna untuk menstabilkan suhu mesin mobil supaya tidak overheat. Maka dari itu, berikut penjelasan mengenai ciri ciri air radiator mobil habis, agar dapat  meminimalisir suhu mesin yang tinggi.

Ciri Ciri Air Radiator Mobil yang Habis

Setiap kendaraan mobil yang mengalami air radiator mengering akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Suara Mesin yang Kasar

Ciri ciri air radiator mobil habis yaitu ketika terdengar suara mesin yang kasar. Munculnya suara kasar tersebut disebabkan mesin terlalu panas atau mengalami overheat dan mempengaruhi sistem pembakaran. 

Maka dari itu, Bosque di rumah perlu dipahami bahwa radiator yang kering membuat pembakaran lebih cepat dan menimbulkan suara knocking di mesin. Sebaliknya, jika air radiator tercukupi dengan baik, maka pembakaran mesin berjalan normal dan suara yang dihasilkan mesin lebih halus.

Sehingga ketika Bosque mengalami suara mesin yang kasar dan terdengar berbeda dari biasanya saat di jalan, sebaiknya menepi terlebih dahulu. Kemudian tunggu beberapa waktu agar radiator dingin dan baru mulai mengecek airnya. Setelah itu, tambahkan air pada radiator secukupnya untuk menghilangkan suara kasar mesin. 

2. Suhu AC Terasa Kurang Dingin

Ciri ciri air radiator mobil habis bisa Bosque rasakan dari dalam mobil. Biasanya suhu AC yang kurang dingin walaupun sudah dinyalakan dalam waktu lama dan mengecek freon pun masih banyak, bisa menjadi tanda bahwa air radiator mengering. Lalu, apa hubungannya air radiator habis dengan AC tidak dingin?.

Bosque sekalian perlu dipahami bahwa saat air radiator habis, maka suhu mesin akan mengalami peningkatan. Sehingga membuat putaran kompresor AC terhenti untuk mengurangi beban mesin dan membuat hembusan yang keluar dari blower AC terasa hangat. 

3. Munculnya Uap Pada Kap Mesin

Adapun ciri ciri air radiator mobil habis yaitu ketika terlihat uap keluar dari kap mesin. Ciri-ciri ini bisa menjadi yang berbahaya karena terjadi penguapan air radiator yang berlebihan. Selain disebabkan air radiator yang kering karena jarang mengeceknya dan diisi secara rutin, bisa juga terjadi karena kebocoran radiator. 

Kemudian kebocoran radiator ini bisa disebabkan beberapa hal seperti sambungan selang radiator lepas, selang radiator yang pecah, hingga bocornya water pump atau pompa air. Nantinya kondisi radiator yang bocor dan air yang keluar akan langsung menguap serta memunculkan uap air pada kap mesin. 

Sehingga ketika Bosque dirasa rutin menambahkan air radiator, maka kondisi kebocoran radiator bisa dideteksi dengan cepat. Lalu, bisa segera diatasi sebelum terjadi kerusakan lainnya. 

4. Penurunan Tenaga Pada Mesin

Selanjutnya untuk ciri ciri air radiator mobil habis yaitu bisa Bosque rasakan dari tenaga mesin yang kurang maksimal. Meskipun sudah menginjak pedal gas lebih dalam dan Rpm menunjukan angka yang tinggi, namun tenaga yang dihasilkan tetaplah kurang. 

Kondisi tersebut terjadi karena adanya penurunan akselerasi yang dapat mengganggu performa mobil. Salah satu upaya mengatasinya, bisa mengecek kondisi air radiator terlebih dahulu. Jika dirasa air radiator masih aman, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada bagian lainnya. 

5. Indikator Suhu Mesin Menunjukan Merah

Produk mobil sekarang ini memiliki sistem yang canggih, salah satunya adanya fitur indikator suhu udara yang ada di bagian dashboard. Sehingga Bosque bisa memantau suhu mesin mobil saat di jalan tanpa membuka tutup mesin. 

Pada indikator udara tersebut, bisa juga menjadi salah satu cara mengetahui suhu radiator mengalami overheat atau tidak. Lalu, ciri-ciri air radiator mobil habis dapat dilihat ketika jarum indikator tersebut berada di warna merah. 

Adanya warna merah itu merupakan tanda bahwa sistem pendingin tidak bisa menstabilkan suhu panas pada mesin secara optimal. Sehingga dengan adanya indikator udara tersebut bisa menjadi acuan untuk selalu mengecek terlebih dahulu kondisi mesin, terutama radiator.

Bagaimana Cara Mengecek dan Mengisi Air Radiator?

Ketika menemukan ciri ciri air radiator mobil habis, maka Bosque tentu perlu memastikannya. Kemudian, jika masih belum berpengalaman untuk mengisi air radiator, berikut caranya:

  • Buka kap mesin mobil dengan menarik tuas pengunci yang ada di sisi kemudi.
  • Periksa terlebih dahulu ketinggian air pada tabung cadangan air radiator setidaknya seminggu sekali. 
  • Cara memeriksanya dengan membuka tutup pipa atau dengan melihatnya saja. 
  • Lihatlah dan pastikan bahwa air berada di batas maksimal, sehingga jangan sampai di bawahnya. 
  • Jangan membuka tutup radiator dan mengisinya ketika mesin masih panas.
  • Waktu terbaik untuk mengisi air radiator yaitu pagi hari sebelum menyalakan mesin mobil. 
  • Cukup isikan air radiator pada tangki atau tabung cadangannya.

Tips Agar Air Radiator Tidak Cepat Habis

Setelah mengisikan air radiator, tentunya Bosque harus menjaganya agar air tersebut tidak cepat habis. Maka dari itu, berikut beberapa tipsnya:.

  • Menguras air radiator secara rutin dalam jangka waktu 2 bulan sekali supaya terhindar dari korosi dan overheat mesin.
  • Gunakan tutup radiator dari bahan material dengan kualitas terbaik.
  • Mengecek selang secara berkala untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran atau adanya selang yang lepas. Selain itu juga dapat meminimalisir kondisi kap mobil yang mengeluarkan uap air karena air radiator bocor. 

Sudah Tahu Ciri Ciri Air Radiator Mobil Habis?

Itulah beberapa penjelasan yang Bosque bisa pahami mengenai ciri ciri air radiator mobil habis dengan melihat berbagai kondisi tertentu. Jika menemukan kasus seperti ciri-ciri di atas, maka perlu ditindak lanjuti segera agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait