Simak Cara Merawat Mobil Terbaru 2021

cara merawat mobil terbaru

Cara merawat mobil, Padatnya kota besar seperti Jakarta dan daerah penyangga Jakarta yaitu Tangerang, Bogor, Depok serta Bekasi membuat kita dituntut punya kondisi mobil yang prima. Gak mau dong kalau tidak dirawat dengan baik malah bikin mobil punya umur yang pendek. Kita pun ingin mobil yang prima, sehat dan juga awet dipakai untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Pada dasarnya perawatan mobil itu disarankan ya sobat oleh pabrikan yang memproduksi mobil Anda tuh. Meskipun mobil Anda masih fresh atau baru, namun jangan lupa juga jika sudah melewati masa garansi dan free service atau penggantian oli, Anda harus tetap rajin juga ya. Karna mau mobil baru dari dealer maupun yang sudah lama di atas 5 tahun perawatannya harus sama, ini mutlak jika ingin mobil tetap baik dan jika dijual kembali harganya tetap stabil. Cara merawat mobil sehari hari itu tidak terlalu sulit, termasuk untuk cara merawat mobil untuk pemula.

cara merawat mobil baru agar awet
Cara merawat mobil baru agar awet

Artikel kali ini sama ya sobat, tidak terkhusus untuk mobil tertentu saja. Cara merawat mobil bekas ataupun cara merawat mobil lama juga sama. Terutama Anda yang memiliki mobil baru, Anda perlu mengetahui beberapa cara merawat mobil baru agar awet, dan cek juga aturan perawatan mobil berikut ini.

Perawatan mobil yang rutin juga bisa mencegah sobat keluarin uang yang besar loh, dan beban pengeluaran ini tidak akan besar jika rutin dirawat tiap bulan. Nanti kita bahas apa saja yang harus masuk dalam list pengecekan dan perawatan mobil agar kondisi mobil prima dan bikin hati jadi tenang versi Cakra Motor 11.

Cara Merawat Mobil Terbaru:

  • Rem dan Ban Mobil.

cara merawat mobilKondisi ban mobil perlu diawasi ya sobat, karena ban adalah elemen terluar mobil yang secara langsung bersentuhan dengan aspal. Karena itu, ban harus punya perawatan berkala agar dia tetap kuat melibas semua hambatan dan menahan panasnya aspal di siang hari. Cek adanya kebocoran, lalu lihat adakah sisi ban yang lebih rendah dibanding yang lain, jika sudah tidak rata secara kasat mata soal tekanan angin, waktunya isi angin atau nitrogen ya sobat. Spooring dan balancing jika dirasa tidak enak dalam berkendara, hingga tidak boleh hilangnya ban cadangan di mobil.

Selanjutnya adalah pengereman, cek pada sisi oli atau minyak rem, jika sudah mulai menipis pada oli rem, maka mulailah berikan catatan ini pada mekanik Anda. Selanjutnya adalah lihat kampas remnya, apakah sudah tipis, jika ya, ganti secepatnya ya.

  • Ganti Oli Secara Rutin.

tips merawat mobilCara merawat mobil selanjutnya adalah pastikan selalu ganti oli secara rutin. Dan gunakan oli terbaik untuk mobil Anda, cari yang cocok dan sesuai dengan kantong Anda. Menggunakan oli berkualitas, akan membuat mesin lebih baik dalam melumasi seluruh sisi mesin, bahkan hingga ke sisi tersempit.

  • Cek Air Radiator.

cara merawat mobilCara merawat mobil selanjutnya adalah mengecek air radiator secara berkala. Dengan adanya air radiator, mesin mobil akan lebih stabil dan tidak overheat. Apa itu overheat, kondisi ini ketika radiator diisi dengan air keran biasa, disarankan menggunakan air coolant ya sobat. Dengan pakai air coolant, kondisi mesin akan lebih stabil dan efektif dalam mendinginkan mesin mobil. Ini akan berdampak positif pada perjalanan jauh ya sobat, pastikan menggunakan air coolant terbaik.

  • Lakukan Tune Up

tune up mobilSebetulnya Tune Up itu dirasa perlu sobat, apalagi mobil Anda termasuk ke dalam mobil yang sudah melewati masa 5 tahun. Dan Tune Up itu memiliki fungsi mengembalikan kondisi mesin dan mobil itu sendiri ke kondisi semula serta mengembalikan juga tenaga mesin yang sempat hilang karena missnya perawatan dari mobil. Tidak sampai disana, Tune Up juga bisa menghilangkan kerak pada mesin berbahan bakar bensin dan meminimalisir asap hitam yang keluar dari mobil berbahan bakar diesel.

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait