Bagikan!

6 Cara Merawat Kompresor AC Mobil Supaya Tahan Lama 

ventilator ac mobil

ventilator ac mobil

Mungkin, kompresor AC sering luput dari perhatian Bosque saat melakukan perawatan mobil secara menyeluruh. Padahal, bagian ini sangat penting agar AC mobil bisa tahan lama dan nggak gampang rusak. Tapi, gimana sih cara merawat kompresor AC mobil yang benar? Yuk, cari tahu sama-sama di sini!

Apa Itu Kompresor AC Mobil?

Di dunia otomotif, kompresor AC mobil ibaratnya adalah jantung dari kendaraan. Kok bisa? Karena cara kerjanya mirip seperti jantung manusia. Kompresor AC akan bekerja mengalirkan freon ke dalam sistem AC saat mendapatkan energi dari mesin mobil. Itulah kenapa AC mobil menyala waktu Bosque menyalakan mesin. 

Fungsi dari kompresor AC mobil adalah menyerap freon yang masih berbentuk gas. Kemudian memadatkan gas tersebut dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Lalu, mengubah gas menjadi cairan dengan prosesnya disebut kondensasi dan terakhir membuat freon bersirkulasi. 

Pada dasarnya, ada banyak masalah yang bisa terjadi pada kompresor AC. Misalnya, sekring kompresor AC mobil bermasalah dan membuat aliran listrik secara bakal terputus otomatis. Hal tersebut bakal buat kompresor AC mobil nggak terasa dingin karena freon nggak dapat sirkulasi udara. 

6 Cara Merawat Kompresor AC Mobil

Setelah memahami apa itu kompresor AC mobil dan cara kerjanya, maka Bosque juga harus tahu kalau ada cara merawat kompresor AC kendaraan agar tetap optimal dan awet. Gimana sih caranya? Yuk, simak selengkapnya di sini! 

1. Mengganti Oli Kompresor 

Selain ganti oli mesin mobil, Bosque juga perlu ganti oli kompresor secara teratur. Ini adalah salah satu cara menjaga kompresor AC mobil yang paling dasar. Mengganti oli kompresor yang teratur akan ikut bantu kinerja kompresor dalam memompa freon biar lebih lancar. 

Nah, jadwal ganti oli kompresor sendiri bisa Bosque lakukan setiap satu tahun sekali. Kalau mau lebih pasti, Bosque juga bisa konsultasi dulu dengan ahli bengkel profesional di tempat servis mobil.

2.  Nyala dan Matikan di Waktu yang Tepat

Cara merawat kompresor AC mobil selanjutnya adalah tahu kapan waktu yang tepat untuk menyalakan dan mematikan AC. Cara yang satu ini sebenarnya mudah banget. Bosque bisa coba biasakan diri menyalakan dan mematikan AC waktu mobil ada di putaran atau RPM yang rendah. 

Kalau Bosque menyalakan AC mobil saat RPM tinggi, maka sudah dipastikan bakal terjadi gesekan antara center dan puli. Di mana hal ini akan jadi penyebab kerusakan pada komponen tersebut. 

3. Rutin Panaskan AC

Memanaskan AC secara rutin wajib Bosque lakukan ketika mobil jarang dipakai. Selain memanaskan mesin mobil, Bosque bisa menyalakan AC selama 3 sampai 5 menit. Tapi, tetap harus ingat kalau mau menyalakan AC, maka pastikan mesin mobil sudah dalam keadaan stabil. Tujuannya untuk mencegah kerusakan lain. 

4. Rutin Bersihkan Filter AC 

Membersihkan filter AC secara rutin menjadi cara merawat kompresor AC mobil agar tetap optimal. Filter AC yang bersih bakal membawa hawa dingin yang maksimal karena udara kabin yang bersih terserap oleh kompresor. 

Tapi, membersihkan filter AC ini nggak boleh sembarangan. Bosque bisa pakai alat khusus untuk mencegah rusaknya filter AC itu sendiri karena menggunakan alat yang salah. 

5. Jangan Menyalakan AC pada Waktu Tertentu

Bosque, menyalakan AC mobil waktu kabin masih terasa sangat panas itu pantangan, alias nggak boleh. Kecuali Bosque memang mau kompresor cepat rusak dan komponen lain juga ikut nggak normal biar bisa ganti mobil baru. 

Biasanya ini sering terjadi waktu mobil habis terparkir di ruang terbuka dan terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Jadi, kabin mobil terasa sangat panas dan AC Bosque paksa buat menyala biar hawa sejuk cepat datang. 

Kenyataannya, kondisi itu sama sekali nggak baik buat kesehatan mobil. Bosque wajib buat tunggu kabin sampai nggak panas lagi sebelum nyalakan AC. Gimana caranya? Buka aja jendela mobil selama beberapa saat, kurang lebih 1 menit sampai suhunya lebih normal.

6. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Masih berkaitan dengan filter AC, cara merawat kompresor AC adalah dengan jaga kebersihan kabin. Tujuannya agar udara yang terserap ke dalam kompresor AC lebih bersih dan menghasilkan hawa yang sejuk. 

Kebersihan kabin ini bakal bantu merawat kompresor AC mobil lebih sehat. Kok bisa? Sebab kompresor nggak perlu kerja terlalu berat karena udara dalam kabin nggak mengandung banyak debu. 

Tanda Kompresor AC Rusak 

Selain tahu gimana cara merawat kompresor AC mobil, Bosque juga harus tahu apa saja tanda kompresor mulai rusak. Nah, adapun tanda kompresor AC rusak adalah sebagai berikut:

  • AC nggak terasa sejuk meski sudah disetel ke pengaturan paling tinggi. Mungkin karena aus dan kurang perawatan.
  • Suhu AC nggak konsisten atau naik turun. Biasanya ini terjadi karena clutch AC sudah mulai lemah.
  • Ada bunyi asing waktu AC nyala, kemungkinan ini terjadi karena komponen sudah aus atau kebocoran.

Kalau sudah ada tanda-tanda ini, maka Bosque wajib bawa mobil ke bengkel biar bisa segera diperbaiki dan mobil bisa mendapatkan hawa sejuk kembali.

Sudah Tahu Cara Merawat Kompresor AC Mobil?

Bosque pasti sudah paham kan gimana cara merawat kompresor AC mobil? Sekarang nggak perlu bingung lagi kalau ada tanda-tanda aneh di AC. Bosque juga nggak boleh malas lagi buat lakuin perawatan demi cegah kerusakan di kompresor dan akhirnya bikin pusing kepala. Semoga bermanfaat!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait