Bagikan!

Ini 5 Cara Menghilangkan Bau AC Mobil yang Ampuh!

ventilator ac mobil

ventilator ac mobil

Apakah Bosque lagi cari cara menghilangkan bau AC mobil? Adanya AC pada mobil memang bisa membuat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman, sebab mobil terasa sejuk ketika digunakan. Namun sayangnya, mungkin Bosque pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan, seperti AC yang mengeluarkan bau tidak sedap. 

Lalu apa sih penyebab dari AC mobil berbau tidak sedap tersebut? 

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau 

Bau yang ditimbulkan oleh AC mobil ini cukup beragam, terkadang seperti bau pesing, tikus, hingga bensin atau solar. Tiap baru ini mempunyai penyebabnya masing-masing, berikut ulasannya! 

1. Evaporator Kotor dan Bocor

Penyebab munculnya bau tidak sedap pada AC mobil yang pertama ialah dikarenakan evaporatornya kotor dan bocor. Ketika evaporator pada AC mobil kotor dan berlendir, hal ini akan mengganggu cara kerja AC, sebab jamur dan bakteri akan bermunculan.

Semakin banyak jamur dan bakterinya, maka AC mobil akan semakin berbau pula. Selain itu, apabila evaporator ini terlalu dipenuhi kotoran juga dapat menyebabkan kebocoran.

2. Filter AC Kotor 

Filter merupakan komponen pada AC yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dalam kabin. Apabila di dalam filter telah dipenuhi oleh debu dan kotoran, hal ini dapat menyebabkan munculnya jamur dan juga bakteri. 

3. Freon pada AC akan Habis

Buat Bosque yang masih belum tahu apa itu freon, freon merupakan senyawa kimia yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara. 

Ketika freon akan habis, AC yang tengah menyala hanya akan mengeluarkan angin saja, bukan udara dingin. Hal itu dikarenakan kompresor tidak akan berhenti untuk bekerja ketika AC mobil hidup meskipun freon sudah akan habis.

Perlu Bosque ketahui, ciri-ciri dari freon AC yang akan habis ini di antaranya ialah udara AC yang sudah tidak dingin lagi dan kompresor atau kipas AC yang tidak mau berputar. 

4. Bangkai Binatang Masuk dalam Komponen AC 

Penyebab AC berbau yang keempat ini cukup fatal Bosque, sebab jelas saja apabila terdapat bangkai binatang yang masuk dalam komponen AC, otomatis bau bangkai tersebut akan menyebar ke seluruh bagian dalam mobil ketika AC dinyalakan. 

5. Ventilasi Kurang Baik 

Ventilasi merupakan komponen AC yang bertugas mengalirkan udara keluar dan masuk kabin mobil. Apabila ventilasinya kurang baik, maka akan mengakibatkan udara yang ada di dalam kabin menjadi sumpek dan tidak segar. 

Selain itu, hal ini dapat menyebabkan udara luar yang bau masuk ke dalam kabin, seperti bau knalpot dari kendaraan lain.

 6. Grill yang Kotor 

Grill merupakan salah satu komponen AC mobil yang berguna untuk mengatur arah aliran udara keluar dari register AC. Komponen yang satu ini dapat kotor dikarenakan adanya debu dan kotoran yang menempel di permukaan. 

Kotoran yang menempel pada permukaan inilah yang dapat menyebabkan timbulnya jamur dan bakteri, sehingga menyebabkan AC mobil menjadi bau. 

7. Asap Rokok 

Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pengendara mobil ialah merokok di dalam mobil. Sebaiknya hal ini dihindari meskipun AC dalam keadaan mati. 

Asap rokok nantinya akan menempel pada ruang kabin mobil dan susah untuk membersihkannya, sehingga akan muncul bau kurang sedap, sekalipun sudah menggunakan pewangi. 

8. Tidak Pernah Mengganti Pewangi atau Parfum Mobil 

Perlu Bosque perhatikan, kualitas parfum yang rendah, kadar alkohol yang tinggi, dan pengharum yang sudah lama digunakan ini dapat menyebabkan munculnya bau kurang sedap. 

9. Adanya Kerusakan pada Tangki Bensin 

Penyebab bau AC pada mobil yang terakhir adalah adanya kerusakan pada tangki bensin. Setelah Bosque membuka tutup bensin, pastikan bahwa tangki bensin telah tertutup rapat. 

Sebab, tangki bensin yang tertutup kurang rapat dapat menyebabkan cairan bensin dan baunya keluar, sehingga hal ini akan menyebabkan bau bensin tersebar melalui sirkulasi pada AC. Kemudian pada kasus lainnya, adanya tumpahan bensin di dalam mobil juga menyebabkan AC mobil menjadi bau bensin. 

Cara Menghilangkan Bau AC Mobil

Setelah mengetahui penyebab dari munculnya bau dari AC mobil, selanjutnya Bosque perlu tahu bagaimana cara menghilangkan bau AC mobil. Berikut ini ulasannya!

1. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil 

Cara menghilangkan bau AC mobil yang pertama ialah dengan menjaga kebersihan kabin mobil. Menjaga kebersihan sangatlah penting di manapun Bosque berada, termasuk kebersihan mobil. 

Mobil yang bersih akan meminimalisir adanya debu, kotoran, atau sisa makanan yang masuk dalam komponen AC, sehingga meminimalisir pula timbulnya jamur pada evaporator AC yang menyebabkan bau tidak sedap. 

2. Isi Freon yang akan Habis 

Apabila Bosque mulai merasakan adanya tanda-tanda freon AC akan habis, sebaiknya Bosque segera mengisinya. Dengan mengisi freon, selain dapat mencegah bau tidak sedap, juga dapat mengembalikan udara AC agar dingin dan segar.

3. Membersihkan Evaporator 

Evaporator yang kotor dapat menimbulkan tumbuhnya jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap muncul. Oleh karena itu, sebaiknya Bosque juga membersihkan bagian evaporator ini secara berkala, ya!

4. Tidak Merokok di Mobil

Perlu Bosque ketahui bahwa bau asap rokok yang menempel pada kabin akan susah hilang meski sudah berhari-hari lamanya. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, sebaiknya Bosque jangan sampai merokok di dalam mobil. 

5. Menggunakan Parfum Sewajarnya 

Cara menghilangkan bau AC mobil yang terakhir adalah dengan menggunakan parfum sewajarnya. Sebelum membeli parfum untuk mobil, sebaiknya Bosque perhatikan beberapa hal penting terlebih dahulu, seperti kadar alkohol dan kadaluarsanya. 

Produk pengharum mobil yang telah kadaluarsa akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Sudahkah Bosque Paham Cara Menghilangkan Bau AC Mobil?

Apabila Bosque sudah melakukan cara menghilangkan bau AC mobil, tetapi bau tersebut masih ada, sebaiknya Bosque langsung membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perawatan. Siapa tahu, ada penyebab lain yang Bosque tidak ketahui.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait