Bagikan!

4 Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil yang Mudah dan Tepat

kondensor ac mobil

kondensor ac mobil

Cara membersihkan kondensor AC mobil bisa dikatakan sebagai hal yang dianggap gak biasa oleh sebagian orang, terutama orang awam. Mereka berpendapat bahwa membersihkan kondensor perlu keahlian khusus. Sehingga, membersihkan kondensor tidak bisa dilakukan sembarang orang.

Padahal, pembersihan kondensor dapat dilakukan secara mudah. Membersihkannya pun juga gak perlu skill khusus kok. Asalkan Bosque punya peralatannya dan melakukannya secara hati-hati.

Pengertian Kondensor AC

Kondensor AC (air-conditioning) mobil adalah bagian AC yang punya bentuk silinder kecil dan di dalamnya terdapat beberapa lembar kertas. Adapun kertas-kertas tersebut dibuat dari timah dan digulung dengan ketat sehingga membentuk silinder. Fungsi kondensor AC sangat penting, yakni mengubah suhu panas menjadi dingin.

Artinya, saat kondensor melepaskan zat gas dan diterima freon AC, nanti kondensor mengonversinya menjadi zat cair. Selanjutnya, zat cair tersebut dialirkan secara terus-menerus sampai akhirnya menuju komponen expansion valve dan udara dingin pun akan keluar dari AC menuju seluruh kabin mobil.

Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil Secara Mandiri

Membersihkan kondensor AC mobil gak selalu harus ke bengkel. Bosque bisa membersihkannya sendiri dengan peralatan yang Bosque miliki. Sebab, cara membersihkannya gak jauh beda dengan waktu pembersihan intercooler AC mobil. Maka dari itu, berikut ini beberapa tahapan yang Bosque harus perhatikan!

1. Persiapkan Peralatan

Sebagai langkah awal, Bosque perlu mempersiapkan apa aja peralatan yang nanti digunakan saat membongkar AC mobil. Beberapa peralatan seperti kunci pas, kunci inggris, maupun kunci soket sudah harus ada. Gak lupa lap atau kain bersih yang Bosque gunakan saat mengangkat kondensor AC.

2. Bongkar AC Lalu Cari Kondensornya

Setelah peralatan telah Bosque siapkan. Cara membersihkan kondensor AC mobil berikutnya adalah mulai membongkar AC dan keluarkan bagian kondensornya. Waktu kondensor sudah dikeluarkan, sekarang mulailah membersihkannya.

Ingat, lakukan pengangkatan kondensor AC secara hati-hati. Jangan sampai kondensor mengalami benturan, tertusuk benda, atau bahkan sampai jatuh. Akibatnya kondensor AC harus Bosque ganti dengan yang baru dan harganya pun cukup mahal.

3. Semprot Kondensor dengan Air

Langkah selanjutnya, Bosque perlu menggunakan semprotan yang sebelumnya sudah diisi air. Lakukan penyemprotan pada beberapa bagian kondensor AC mobil. Ingat, gunakan air bersih, baik air mineral maupun air kran.

Gak kalah penting, jangan sampai Bosque merendam kondensor AC ke rendaman air sabun. Mengapa? Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada fungsi kondensor AC.

Waku Bosque udah selesai melakukan penyemprotan, keringkan kondensor lebih dulu. Cek apakah masih ada sisa kotoran atau nggak. Kalau ternyata masih ada, cukup bersihkan menggunakan kuas dan lakukan perlahan. Beberapa alasan mengapa kondensor harus Bosque keringkan dulu antara lain:

  • Mencegah kerusakan: kondensor AC yang masih basah dapat menjadi sebab korosi serta memperpendek usia pakainya
  • Meningkatkan kinerja AC: kondensor AC yang kering bisa menyerap panas yang berasal dari ruang pendingin secara lebih efektif sehingga kinerja AC mobil akan semakin baik. Kondensor yang basah maupun lembap bisa menghambat aliran udara serta menurunkan efisiensi pendinginan
  • Mengurangi bau gak sedap: saat kondensor basah, dapat menjadi sebab tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga tercium bau gak sedap

4. Pasang Kembali Kondensor

Cara membersihkan kondensor AC mobil yang keempat adalah pasang kembali kondensor tersebut. Untuk pemasangannya sama seperti ketika Bosque melepaskannya.

Bosque bisa pakai kunci socket atau kunci pas. Kencangkan baut kondensor dan pastikan terpasang rapat.

Tips Merawat Kondensor AC

Selain memahami bagaimana cara membersihkan kondensor AC mobil yang benar, Bosque juga harus paham cara merawatnya. Dengan merawat kondensor, Bosque bisa tetap menjaga kualitasnya sehingga komponen tersebut bisa selalu berfungsi dengan baik.

1. Tutup Jendela Mobil Ketika AC Menyala

Salah satu kebiasaan yang sampai sekarang masih banyak orang dilakukan adalah membuka jendela mobil padahal AC sedang menyala. Terlihat sepele memang, tapi jika kebiasaan ini terus berlanjut dapat menjadi sebab masalah pada kondensor AC.

Waktu Bosque membuka jendela, udara dingin yang dihembuskan AC terbuang percuma. Selain itu, masing-masing komponen AC termasuk di dalamnya kondensor akan terus bekerja sampai suhu pada kabin mobil sesuai angka yang sudah ditentukan.

Bayangkan jika suhu belum juga stabil, kondensor pun akan bekerja terus-menerus. Ini akan meningkatkan risiko kerusakan pada kondensor.

2. Gunakan AC Mobil Secara Rutin

AC yang jarang Bosque gunakan atau bahkan gak dipakai sama sekali bisa mengakibatkan AC maupun komponennya cepat rusak. Salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan adalah fan belt yang mengering ketika gak digunakan. 

Selain itu, filter AC juga pada akhirnya gak bisa berfungsi seperti seharusnya. Lalu apa yang harus Bosque lakukan jika memang jarang pakai mobil? Setidaknya pastikan menyalakan AC saat Bosque sedang memanaskan mobil.

Tujuannya agar komponen AC tetap bekerja dan gak sampai rusak. Sirkulasi udara di AC pun juga akan tetap berjalan lancar.

3. Rutin Membersihkan Kondensor AC

Salah satu alasan mengapa cara membersihkan kondensor AC mobil bisa Bosque lakukan dengan mudah karena letak kondensor di depan mobil. Lebih tepatnya berada di depan radiator mobil. Di saat yang sama, karena berada di depan, maka kondensor juga mudah terkena kotoran maupun debu.

Kalau Bosque gak rutin membersihkan kondensor, akibatnya debu maupun kotoran akan diserap kondensor dan menuju freon. Alhasil, udara yang keluar lewat AC menjadi gak sehat. Itulah mengapa Bosque wajib membersihkan kondensor secara rutin.

Sudah Tahu Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil?

Itulah beberapa langkah yang harus Bosque lakukan waktu ingin membersihkan kondensor AC. Lakukan pembersihan kondensor AC secara rutin dan hati-hati agar kondensor gak mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait