Bagikan!

Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Jarang diketahui!

cara membaca dipstick oli mobil

cara membaca dipstick oli mobil

Sebenarnya cara membaca dipstick oli mobil gak sulit kok. Hanya saja beberapa orang masih belum tahu gimana cara membacanya dengan benar. Padahal jika tahu, mengecek kapasitas dan kualitas oli pun gak harus nunggu ke bengkel.

Melalui artikel ini Bosque akan tahu cara yang tepat untuk membaca dipstick. Jadi, gak perlu meluangkan waktu datang ke bengkel hanya untuk mengecek oli. Bosque bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pengertian Dipstick Oli Mobil

Sebelum fokus ke pembahasan cara membaca dipstick oli mobil, Bosque mesti paham dulu apa itu dipstick. Dipstick adalah sebuah batang besi yang berbentuk pipih dan berfungsi mengecek level oli, termasuk tingkat kekentalannya. 

Saat menggunakan dipstick, Bosque tinggal memasukkannya ke penyimpanan oli. Nanti setelah Bosque angkat, akan ada informasi yang bisa Bosque dapatkan lewat indikator yang tertera di dipstick tersebut. Namun, yang jadi masalah gak semua orang bisa membaca informasi yang ada.

Cara Membaca Dipstick Oli Mobil

Seperti yang udah disebutin kalau banyak orang yang belum tahu cara baca dipstick oli. Jadi, simak pembahasan seputar bagaimana langkah-langkah untuk membaca dipstick yang benar di bawah ini!

1. Posisi Oli Ada di Bawah L (Low)

Saat Bosque menggunakan dipstick dan ternyata posisi oli ada di bawah garis low atau L, menandakan bahwa kapasitas oli kurang dari yang diharuskan. Bahkan pelumas yang benar-benar mau habis malah gak terlihat waktu Bosque mengeceknya menggunakan dipstick.

Saat Bosque mendapati kasus yang semacam ini, segera lakukan pengisian oli. Kemudian pastikan hal ini gak terjadi lagi karena jika mobil sampai kehabisan oli, akibatnya bisa fatal. Komponen mesin pun berpotensi mengalami kerusakan dan bisa jadi biaya perbaikannya mahal.

2. Oli Berlebihan atau di Atas F (Full)

Bagaimana cara membaca dipstick oli mobil waktu pelumas berada di atas garis full? Jika oli pada mobil Bosque seperti ini, maka artinya kapasitas oli melebihi dari yang disarankan.

Sama seperti kasus sebelumnya, kapasitas oli yang berlebihan juga gak boleh dibiarkan. Bosque harus segera melakukan tindakan dengan mengurangi kapasitas oli tersebut.

Pastikan kapasitasnya benar-benar sesuai rekomendasi pabrik. Oli yang jumlahnya berlebihan malah bisa mengakibatkan kinerja mesin menjadi berat. Kondisi ini terjadi karena poros mesin terendam oli.

3. Oli Normal (Antara Tanda Full dan Low)

Lalu, untuk oli yang ternyata posisinya berada di antara tanda full dan low maka itu berarti kapasitas oli normal alias pas. Inilah kapasitas yang memang direkomendasikan oleh pabrik, gak terlalu sedikit dan gak berlebihan.

Kapasitas oli yang sesuai membuat oli tersebut bisa bekerja maksimal. Mesin pun akan tetap terjaga performanya dan terhindar dari masalah mesin yang gak diharapkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Dipstick

Menggunakan dipstick memang mudah. Namun, bukan berarti Bosque tinggal mencelupkan alat tersebut ke penyimpanan oli lalu mengetahui hasilnya. Bosque perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini!

1. Parkir Mobil Dulu Pada Tempat dengan Permukaan Rata

Sebagai langkah pertama, pastikan Bosque udah memarkirkan mobilnya dulu. Bukan sekadar memarkirkan tapi parkirlah di tempat yang mempunyai permukaan rata. Mengapa ini perlu Bosque lakukan? Tujuannya biar hasil pengecekan menggunakan dipstick bisa akurat. 

2. Matikan Mesin

Agar mendapatkan hasil yang akurat bukan hanya memarkirkan mobil pada permukaan yang rata. Bosque juga mesti mematikan mesin. Jangan sampai cara membaca dipstick oli mobil dilakukan waktu mesin masih menyala.

Jika Bosque tetap melakukannya, kondisi oli pun akan sangat panas. Akibatnya saat terkena kulit bisa mengakibatkan kulit Bosque melepuh.

3. Perhatikan Warna Oli

Selain mengetahui bagaimana cara membaca dipstick oli mesin, Bosque juga perlu mengecek warna oli. Meskipun kapasitas oli dalam kondisi normal, gak berarti kualitas oli benar-benar bagus. Bosque masih perlu mengecek warna oli tersebut untuk memastikan apakah kualitas oli masih bagus atau gak.

Jika ternyata warnanya pekat, tandanya Bosque harus melakukan penggantian oli. Bahkan meskipun kapasitas oli masih normal dan ternyata warnanya pekat, tetap saja ganti oli tersebut.

4. Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Berikutnya, Bosque juga perlu mengecek tingkat viskositas oli. Ini juga bisa menjadi indikator untuk mengetahui kualitas dari pelumas kendaraan Bosque. 

Oli yang ternyata udah encer, menandakan bahwa oli tersebut harus segera diganti. Jadi, waktu Bosque menemukan bahwa oli sudah encer maka siapkan oli baru dan lakukan penggantian.

cakra motor 11

Sudah Tahu Cara Membaca Dipstick Oli Mobil?

Seperti itulah bagaimana langkah-langkah untuk membaca dipstick oli mobil. Ternyata memang menggunakan alat ini sangat mudah dan kamu hanya perlu mengecek apakah oli ada di garis L, F, atau di antara keduanya.

Bagi yang sedang butuh oli mobil berkualitas, Cakra Motor 11 adalah jawabannya. Cakra Motor 11 adalah tempat terpercaya yang menyediakan berbagai oli bensin dan oli diesel dengan beragam merek yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bosque.

Harganya pun sudah pasti sesuai dengan kualitas oli yang Bosque dapatkan dan dijamin 100% oli di Cakra Motor 11 adalah asli. Info selengkapnya, Bosque bisa langsung ngecek website Cakra Motor 11. Semoga bermanfaat.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait