Tidak Rumit, Ini Cara Ganti Aki Mobil di Rumah

cara ganti aki mobil

Cara Ganti Aki Mobil Dirumah, Blog.cakramotor11.com/blog – Berkendara sehari-hari apalagi dalam melakukan perjalanan jauh, kondisi mobil dituntut harus prima. Aki merupakan komponen kelistrikan yang harus ada pada mobil, terutama pada mobil-mobil baru. Mobil keluaran baru sangatlah bergantung pada aki. Dengan aki yang prima, kerja kelistrikan mobil akan bekerja dengan baik, seperti lampu, audio, hingga elektrikal lainnya.

Sobat Cakra Motor 11 perlu mengetahui jika aki yang bermasalah itu memang cukup merpotkan ya, namun jika aki mobil sudah tidak sewajarnya, bisa kok kita mengganti sendiri di rumah. Mau tahu cara ganti aki mobil di rumah? Simak artikel berikut ini.

Cara Ganti Aki Mobil di Rumah:

  • Mulai dari mematikan mesin mobil.

Matikan Mesin Mobil
Matikan Mesin Mobil

Sobat Cakra Motor 11, mengganti aki mobil terlihat sederhana, dan seakan hanya menaruh aki baru ke slotnya saja. Tetapi terlihat mudah, tidak semudah itu ya pengaplikasiannya, minimal Anda harus mengerti cara yang benar. Mulai dari mematikan mesin terlebih dahulu, ketika kontak sudah berada pada posisi OFF, maka arus kelistrikan sudah tidak aktif lagi.

  • Lepaskan arus negatif aki.

Lepaskan Arus Negatifnya
Lepaskan Arus Negatifnya

Setelah mesin mobil sudah dalam posisi mati, dan ECU sudah aman, barulah kita membuka kap mesin dan melepaskan terminal arus negatif aki. Supaya aman, lepaskan dulu terminal negatif, agar tidak ada percikan dari api, longgarkan dulu bautnya dengan kunci pas ya sobat. Ingat, arus yang negatif dulu yang dilepas baru yang positif ya sobat, jangan sampai terbalik.

  • Ambil aki lama.

Cabut Aki Lama
Cabut Aki Lama

Setelah proses tersebut selesai, boleh Angkat aki yang lama, lalu ambil lap bersih yang kering untuk membersihkan alas bagian bawah dudukan aki.  Dengan begitu bukan hanya penggantian aki yang Anda perhatikan, melainkan kebersihan juga tetap nomor 1. Anda bisa membersihkan semua kabel-kabel terminal dan dudukan aki dari kotoran, debu dan karat, terkhusus pada karat, Anda bisa membersihkan dengan cairan khusus.

Baca Juga : CARA MENGETAHUI UMUR AKI MOBIL

  • Pasang aki baru.

Pasang Aki Baru
Pasang Aki Baru

Yuk pasang aki baru Anda yang dibeli dari Cakra Motor 11 sebagai pusat aki mobil terbaik di Jabodetabek. Ingat, harus sama dan sesuai standar yang dianjurkan pabrikan mobil ya. Pasang aki mobil baru dengan memasang “terminal positif” terlebih dahulu, baru terminal negatif yang terakhir. Proses pemasangan merupakan kebalikan dari pelepasan aki tadi. Jika sudah semuanya dig anti, maka Anda bisa melakukan reset ECU, setelah semua selesai, mobil bisa digunakan kembali seperti biasa. Namun jika Anda ingin melakukan penggantian Aki Mobil tanpa ribet, datang saja ke Bengkel Cakra Motor 11, dimana sebagai Pusat Aki dan Oli Mobil terbaik, kami memberikan pelayanan terbaik, cek alamat kami dibawah artikel ini.

Review Toko Oli dan Aki Mobil Terbaik di Jakarta 

Berikut alamat bengkel resmi Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya:

  • Cakra Motor 11 Jakarta Barat

Untuk lokasinya berada di Jl. Taman Surya Boulevard No. 3, RT. 13 / RW. 03, Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11830, nomor telepon/WhatsApp 087877708891.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Kota

Untuk lokasinya berada di Jl. Ratu Kemuning No.26, RT. 09 / RW.13, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520, nomor telepon/WhatsApp 087877708892.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Jl. Sultan Hasanudin Blok B Nomor 9, RT. 03 / RW. 01, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160, nomor telepon/WhatsApp 087877708893.

  • Cakra Motor 11 Cinere, Depok

Untuk lokasinya berada di Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, RT 01,RW 08, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514, nomor telepon/WhatsApp 087777796335.

  • Cakra Motor 11 Gading Serpong, Tangerang

Untuk lokasinya berada di Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810, nomor telepon/WhatsApp 087777796334.

  • Cakra Motor 11 ITC Fatmawati, Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Ruko ITC Fatmawati (Sebelah MOR) Blok B1 No 6 Cipete Utara – Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, nomer telepon/whatsapp 0878-7770-8893

Bagi yang berada di luar Jabodetabek Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100%  pasti original, selalu ready stock, dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Jadi percayakan segala keperluan mobil Anda pada Cakra Motor 11. Bila Anda ragu, Anda bisa menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711 untuk menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan kendaraan Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait