Cara ganti air radiator mobil, Mengganti oli mobil itu sudah biasa dan cenderung mudah dilakukan, kali ini kita akan membahas cara ganti air radiator mobil secara mandiri di rumah. Apakah bisa? Atau sangat sulit dilakukan tidak seperti mengganti oli dirumah? Cakra Motor 11 akan bantu Anda semua sobat supaya bisa ganti air radiator mobil di rumah.

Untuk sobat yang ingin mengetahui juga cara ganti oli secara mandiri dirumah, bisa baca artikel kami tentang Ganti Oli Mobil di Rumah. Seperti yang kita ketahui kalau air radiator itu memiliki fungsi untuk menetralkan atau mendinginkan suhu mobil sehingga temperature bisa terjaga optimal. Tetapi banyak sekali orang yang tidak mau melakukan penggantian air radiator mobilnya, alasannya pun beragam, namun yang paling banyak adalah sangat merepotkan.

Berdasarkan hal itu, Cakra Motor 11 ingin memberikan beberapa cara ganti air radiator mobil yang mudah. Kami menyarankan sobat Cakra Motor 11 memasukan air coolant ya, bukan air biasa, kenapa begitu, karena air biasa memiliki titik panasnya berbeda. Dimana air coolant bisa melakukan peradaman panas dari zat kimia yang sudah dibenamkan di dalamnya.

Jadi kita diwajibkan memasukan air coolant ya sobat, agar suhu ideal mesin tetap terjaga. Pemberian air coolant bisa menjaga dan mencegah korosi, tentu ini akan berbanding terbalik jika sobat malah memasukan air biasa ke dalamnya.

Cara ganti air radiator mobil di Rumah:

  • Lakukan pengurasan terlebih dahulu.

cara ganti air radiator mobilNah sebelum kita membahas detail pada point utama cara ganti air radiator ini, kami ingin bertanya, sobat terbiasa memasukan air biasa atau air coolant? Jika sudah terbiasa melakukan pergantian dengan air coolant, akan tidak masalah dalam pengurasan ini. Namun jika mobil Anda terbiasa menggunakan air biasa dalam radiator dan akan migrasi ke air coolant, ini perlu treatment khusus.

Nah jika sobat sudah terbiasa menggunakan air biasa pada radiatornya, coba cek dulu apakah ada kotoran berupa karat disana? Jika ada, sobat jangan langsung menggantinya dengan air coolant ya, bawa dulu mobil ke tempat perbaikan air radiator. Minta untuk pembersihan secara meluruh, setelah sudah dibersihkan semua kotoran dan karat pada mulut radiator, barulah sobat bisa menggunakan air coolant.

  • Buka lubang sisi bawah.

Proses dari cara ganti air radiator yang ke dua adalah membuka lubang radiator bagian bawah. Setelah proses nomor satu sudah selesai, dan Anda membuka kembali tutup radiator, Anda harus membuka lubang bagian bawah. Buka dan biarkan air dalam radiator keluar semua, mungkin proses ini membutuhkan waktu beberapa saat. Jika mobil sobat bagian lubang bawahnya memiliki cover, tidak perlu khawatir, buka covernya dan membuka bautnya baru mengeluarkan airnya. Setelah itu barulah kita membuka selang radiatornya, dan seketika juga radiatornya pun bisa terlepas dengan mudah dan kita bisa juga membersihkannya. Sobat bisa tarik selang ataupun ke sisi kran air untuk membersihkan radiator yang kotor ini dengan air yang mengalir, agar kotoran bisa terbuang melalui aliran air tersebut.

  • Mulai membersihkan selang.

cara ganti air radiator mobilCara selanjutnya dalam ganti air radiator mobil adalah membersihkan selang. DImana kita bisa membersihkan bagian dalam selang menggunakan sikat untuk mengangkat kotoran-kotorannya. Jika selang radiator ini bersih, umur pakai radiator akan panjang atau awet loh sobat, jelas karena jika bersih, radiator gak mampet lagi tuh.

  • Masukan coolant.

cara ganti air radiator mobilSeperti yang sudah kita bahas tadi ya sobat, kalau disarankan menggunakan air coolant untuk radiator mobil. Kami ingin memberikan pemahaman yang baik ketika sobat membaca artikel tentang cara ganti air radiator mobil ini. Pasalnya dengan rekomendasi yang baik seperti menggunakan air coolant, ini akan proses pendinginan dari mesin jadi lebih baik. Tidak perlu khawatir ya sobat dengan harga air coolant, harga air coolant itu tidak terlalu mahal dan range-nya mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000an saja loh. Lalu kalau saya baru pertama kali mengganti air radiator dirumah dan bingung harus beli yang warna merah atau hijau, saya harus membeli yang mana? Sobat tidak perlu bingung jika punya pertanyaan ini, jika sobat mobilnya baru, bisa menggunakan warna yang merah, dan jika sudah tergolong tua, sobat disarankan menggunakan yang warna hijau.

cara ganti air radiator mobilAda satu hal yang penting juga sobat Cakra Motor 11 ketahui, dengan kita menggunakan coolant, kita bisa mengetahui jika ada kebocoran. Hal ini tidak akan terdeteksi jika hanya dengan air keran biasa yang ada dirumah kita. Bisa Anda isi coolant dengan penuh, bisa juga sambil menyalakan mesin mobil, dan ketika sudah hamper penuh biarkan mesin agak sedikit panas. Semua ini agar radiator bisa melepas udara atau angin yang bisa saja tidak keluar dari dalam radiator. Ketika sudah normal, tutup kembali dan jika sudah mulai berkurang seiring penggunaan, sobat bisa tambahkan saja air coolantnya hingga batas teratasnya.

Nah sekarang sobat sudah tahu ya kalau ganti air radiator mobil itu bisa dilakukan dirumah. Selain bisa mengisi waktu luang dengan produktif, kita bisa punya skill tambahan dalam hal otomotif. Proses ganti air radiator mobil ini tidak terlalu lama kok sobat, dan jangan lupa juga siapkan beberapa tools seperti obeng plus minus, kunci-kunci seperti ukuran 12 ataupun 10. Selamat mencoba!

 

Tags: ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.