Bagikan!

5 Cara Cek Oli Mobil yang Benar dan Prosedural

cara cek oli mobil

Saat ini cara cek oli mobil bisa Bosque lakukan tanpa perlu ke bengkel. Prosesnya pun terbilang cepat dan mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya. Seperti yang kita tahu, oli adalah komponen yang penting banget untuk membuat mesin selalu dalam kondisi sehat.

Namun, seiring penggunaannya, kualitas dan kapasitas oli semakin berkurang. Apalagi buat mobil yang memang setiap hari digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Itulah mengapa Bosque perlu mengecek kondisi oli secara rutin biar performa mobil tetap terjaga.

Pentingnya Mengecek Oli Mobil

Kalau Bosque mengetahui bagaimana cara cek oli mobil yang benar, maka ada beberapa manfaat yang bisa Bosque dapatkan, antara lain:

  • Mengetahui kapasitas oli: mengecek oli secara rutin membantu Bosque biar tahu volume atau kapasitas oli mesin. Bosque bisa tahu apakah oli masih berada di tingkatan yang tepat atau di bawahnya
  • Biar tahu tingkat kekotoran oli: oli yang kotor serta berdebu bisa mengakibatkan abrasi dan mesin gak bekerja optimal. Itulah mengapa dengan mengecek oli, Bosque bisa tahu seberapa bersih atau kotor oli mesin
  • Mengecek viskositas oli: seiring penggunaannya, tingkat kekentalan oli bakal berkurang. Waktu Bosque cek dan ternyata oli sudah encer, kemungkinan besar waktunya ganti oli

Cara Cek Oli Mobil Menggunakan Dipstick

Sudah ada alat yang bisa Bosque gunakan untuk mengecek oli. Alat tersebut bernama dipstick yang memang dipakai untuk mengetahui kualitas oli mesin mobil. Alat ini juga disebut tongkat celup yang sudah tersedia di atas mesin. Untuk cara menggunakan dipstick, simak penjelasan secara lebih detail seperti berikut!

1. Parkir Mobil di Tempat yang Permukaannya Rata

Langkah pertama, Bosque harus memastikan mobil sudah terparkir pada tempat yang kondisi permukaannya rata. Pasti Bosque bertanya-tanya, kenapa ini perlu dilakukan? Tujuannya gak lain untuk memastikan pengecekan yang Bosque lakukan dapat hasil akurat.

Memarkir mobil di tempat yang permukaannya gak rata memungkinkan oli menumpuk di satu sisi. Untuk mencegah hal ini, maka Bosque harus memarkirkannya di tempat yang punya permukaan datar.

2. Pastikan Kondisi Mesin Mati

Penting banget Bosque perhatikan, waktu ingin mengecek kualitas oli maka pastikan mesin mobil dalam kondisi mati. Jangan biarkan mesin dalam kondisi hidup karena bisa mempengaruhi hasil pengecekan oli. Bukan itu aja, oli juga bakal dalam kondisi panas dan khawatirnya terkena kulit.

3. Membuka Kap Mesin

Cara cek oli mobil yang ketiga yaitu dengan membuka kap mesin. Ini perlu Bosque lakukan untuk mencari letak tongkat celup yang umumnya ada di atas mesin. Waktu Bosque sudah menemukan alat tersebut, segera tarik perlahan-lahan.

Waktu menarik tongkat juga harus Bosque perhatikan untuk menutup lubang oli. Tutup lubangnya pakai tisu biar oli gak tumpah.

4. Cek Indikator Volume atau Kapasitas Oli

Langkah selanjutnya yaitu Bosque perlu memperhatikan 2 titik kecil di ujung dipstick. Titik-titik tersebut yang nantinya bakal memberikan informasi seputar kondisi oli mesin mobil.

Satu titik bakal memberi informasi tentang kapasitas maksimal oli. Kemudian titik yang lain untuk menunjukkan batas minimal oli yang seharusnya Bosque isi. Selain itu, perhatikan juga beberapa kode pada dipstick, di antaranya:

a. Kondisi Oli Mobil Melebihi Batas Maksimal/Tanda Full

Waktu Bosque cek dan hasilnya kapasitas oli melebihi tanda batas maksimal, tandanya Bosque harus mengurangi kapasitas oli tersebut. Oli yang kapasitasnya melebihi rata-rata yang seharusnya berpotensi mengakibatkan poros mesin lebih berat waktu bekerja. Hasilnya, performa mobil pun terasa tersendat-sendat.

b. Kondisi Oli di Tengah-tengah Posisi Low dan Full

Waktu Bosque cek dan volume oli ternyata di tengah-tengah tanda low dan full, artinya Bosque harus segera mengisi oli tersebut. Tapi ingat, mengisinya juga jangan sampai melebihi kapasitas yang dibutuhkan.

5. Perhatikan Warna Oli Mobil

Cara cek oli mobil berikutnya adalah memperhatikan warna oli mobil. Lewat warna oli, Bosque bisa tahu seperti apa kualitas oli mobil tersebut. 

Waktu Bosque cek dan ternyata warna oli pekat, segeralah mengganti oli. Jangan menunda-nunda lagi karena khawatir gesekan komponen mesin menjadi semakin besar. Kondisi ini juga mengakibatkan komponen mesin cepat aus.

Bukan itu aja, performa mesin pun bakal menurun. Lalu waktu dicek dan ternyata warna oli masih kuning, itu tandanya kualitas oli mobil masih bagus.

cakra motor 11

Sudah Tahu Cara Cek Oli Mobil?

Seperti itulah langkah-langkah pengecekan oli mobil. Bagaimana? Mudah bukan? Bosque gak harus ke bengkel karena bisa mengeceknya sendiri di rumah. Nah, bagi yang sudah mengecek oli dan ternyata sudah waktunya ganti oli mesin, 

Bosque bisa membeli oli berkualitas di Cakra Motor 11. Di sini tersedia oli berbagai merek lengkap. Oli yang dijual juga 100% asli dan harganya pun masih aman di kantong. Untuk info selengkapnya segera kunjungi website Cakra Motor 11. Dapatkan oli terbaik untuk mobil kesayangan Bosque.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait