Cara Bayar Tol Tanpa Kartu dan Palang

Cara Bayar Tol Terbaru Tanpa Kartu dan Plang

Cara Bayar Tol Tanpa Kartu dan Palang, cakramotor11.com/blog – Berkendara dengan mobil akan jadi sangat efektif jika melewati jalan tol. Dengan melalui jalan tol, kita bisa memangkas waktu yang cukup efisien. Jalan tol dulu dibangun dan hanya menerima pembayaran melalui uang cash atau tunai.

Kini sudah berbeda, diwajibkan menggunakan transaksi non tunai atau elektronik dengan kartu pembayaran seperti Flazz dari BCA, E-Money dari Mandiri, Briz dari BRI dan masih banyak lainnya. Perwakilan pemerintah mengatakan untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik ujarnya. Pengatur jalan tol bpjt ini memang mulai digalakan, memilih titik masuk dan keluar tol yang sudah diatur dengan tepat oleh pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

Semakin banyaknya pengguna kendaraan roda empat, semakin berkembang juga cara pembayarannya. Saat ini pemerintah sedang mengembangkan cara pembayaran tol dengan cara terbaru tanpa kartu dan plang yang membatasi. Pemerintah akan menerapkan system transaksi tanpa sentuh dengan teknologi yang bernama Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem baru ini akan sangat membantu dari adanya penumpukan antrean panjang seperti dulu saat masih menggunakan plang dan membayar dengan kartu.

Cara Bayar Tol Terbaru Tanpa Kartu dan Plang
E-Toll Mandiri

Nantinya, kendaraan yang melalui jalan tol tidak perlu lagi berhenti hanya untuk tap kartu atau membayar tol dengan kartu. Kedepannya MLFF dimungkinkan memiliki bentuk fisik dari gerbang tol dan menghilangkan palang di gerbang tol.

Bayar tol dari waktu ke waktu:

Dulu jalan tol merupakan jalan yang sangat ekslusif dan tidak banyak yang memasukinya, harus memiliki extra biaya untuk masuk ke jalan bebas hambatan ini.

Dari waktu ke waktu, setidaknya ada kurang lebih 3 cara pembayaran kartu, dengan membayar cash berupa uang tunai dengan para petugas secara langsung atau pembayaran di gerbang tol, saat ini membayar dengan sistem pembayaran tol dengan uang elektronik berupa kartu sampai pada transaksi tol menggunakan MLFF.

Seperti yang di ungkap kepala BPJT, akan diterapkan 3 metode terbaru dalam melakukan pembayaran Multi Lane Free Flow ini. Ada electronic on board unit, on board unit, dan electronic route ticket. Kita pun sudah tidak sabar ya bosque menikmati fasilitas tol nirsentuh ini.

Jangan lupa ganti oli mobil di Cakra Motor 11, beli di Tokopedia dapat cashback, klik disini..

Keunggulan pembayaran tol tanpa kartu menggunakan MLFF:

  1. Menggunakan server real-time.
  2. Menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).
  3. Tidak menciptakan penumpukan atau antrean.

Diharapkan dengan adanya teknologi terbaru ini, bisa memberikan banyak efisiensi biaya operasi, namun memang dalam pengembangan sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik. Cara ini juga mengefisiensi operasi dan juga meminimalisir kemacetan yang bisa terjadi.

Manfaat lainnya kalau jalanan tol sangat lancar adalah bisa meminimalisir bahan bakar kendaraan atau mobil kita agar tidak boros. Diharapkan penerapan pada tol ini juga sudah siap dalam waktu dekat secara bertahap pada titik masuk dan keluar tol. Dalam pengembangan bagi mereka yang ingin merasakan teknologi ini bisa memilih titik masuk tol yang sudah ditentukan.

Teknologi pembayaran dengan MLFF atau tanpa kartu dan plang ini akan memasuki masa uji coba di akhir tahun 2022. Penerapan dari teknologi ini akan melihat kesiapan dari kita sebagai pengendara yang melewati Tol dan direncanakan akan selesai pada tahun 2023 dan bisa beroperasi penuh pada akhir tahun 2023 nanti.

Cek Video Review Cakra Motor 11 

Belanja oli mobil online di Tokopedia Cakra Motor 11 langsung dapat cashback!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait