Bagikan!

Berapa Ampere Aki Mobil Innova Bensin Manual dan Matic?

mobil innova putih

Toyota Kijang Innova merupakan generasi penerus dari minibus generasi keempat yaitu Toyota Kijang Kapsul. Mobil kategori MPV ini mampu mengangkut penumpang dalam jumlah besar dengan fitur kursi yang nyaman. Toyota Kijang Innova memiliki berbagai pilihan aki. Lalu, berapa ampere aki mobil Innova bensin manual dan matic? Simak di sini!

Aki Mobil Innova Bensin Manual

Sebelum membahas tentang berapa ampere aki mobil Innova bensin manual dan matic, ada baiknya Bosque mengetahui terlebih dahulu asal usul dari mobil Kijang Innova yang satu ini. Kijang Innova merupakan kendaraan roda empat dari Toyota Motor Corporation yang diproduksi oleh Toyota-Astra Motor di Indonesia. 

Mobil ini termasuk dalam kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) atau kendaraan niaga, dengan kemampuan mengangkut penumpang dalam jumlah besar serta kursi yang nyaman. 

Toyota Kijang Innova merupakan generasi penerus dari mobil minibus Toyota Kijang generasi keempat yaitu Toyota Kijang Kapsul. Di beberapa negara, kendaraan ini dikenal dengan sebutan Toyota Innova.

Di India, Innova merupakan pengganti Toyota Qualis, sedangkan di Taiwan mobil ini menggantikan Toyota Zace Surf. Sementara itu, di Filipina, mobil ini menggantikan Toyota Revo. Di Vietnam, mobil ini menggantikan Toyota Zace. Sedangkan di Singapura, Malaysia, dan Thailand mobil ini menggantikan Unser.

Kijang Innova memiliki beragam jenis mesin, seperti mesin bensin 2.0 liter (136 hp) 1TR-FE VVT-i dan 2.7 liter 2TR-FE VVT-i. Sedangkan untuk varian dieselnya, menggunakan mesin 2.5 liter (102 hp) 2KD-FTV D-4D common rail direct 4-stroke diesel injection turbocharger tanpa intercooler.

Setiap generasi Toyota Kijang Innova memiliki variasi tipe aki yang berbeda. Tipe aki untuk model Kijang Innova (E/J) adalah 34B19L(S). Sementara Kijang Innova (G/V) menggunakan tipe 55D23L, dan Kijang Innova Diesel (E/G/V) menggunakan aki tipe 80D26L. Lalu, berapa ampere aki mobil innova bensin manual dan matic?

Baca juga; Masa Pakai Aki Mobil: Apakah Penting untuk Diketahui?

4 Mobil Innova dan Ampere Akinya

Jika Bosque tertarik dengan Toyota Kijang Innova ini, berikut adalah beberapa pilihan aki serta rincian berapa ampere aki mobil Innova bensin manual dan matic yang wajib Bosque pahami sebelum membelinya.

1. Kijang Innova Bensin (E/J) Transmisi Manual

Kijang Innova versi bensin dengan transmisi manual, tahun kendaraan 2004, memiliki dua jenis aki yaitu aki standar dan aki upgrade. Lalu, berapa ampere aki mobil innova bensin manual dari masing-masing tipe aki tersebut? 

Toyota Kijang Innova bensin (E/J) transmisi manual memiliki tipe aki standar 34B19L(S) dengan kapasitas 12 V dan 34 Ampere serta tipe aki NS40ZLS dengan kapasitas 12 V 35 Ampere. 

Untuk opsi upgrade aki, tersedia NS 60L(S) dengan kapasitas 12 V dan 45 Ampere, serta 55D23L dengan kapasitas 12 V dan 60 Ampere.

2. Kijang Innova Bensin (G/V) Transmisi Matic

Kijang Innova varian bensin dengan transmisi otomatis, tahun kendaraan 2004, juga memiliki dua jenis aki yaitu aki standar dn aki upgrade. Toyota Kijang Innova bensin (G/V) transmisi matic menggunakan tipe aki standar 55D23L, dengan kapasitas 12 V dan 60 Ampere atau tipe aki 85D23L dengan kapasitas 12 V dan 60 Ampere.

Untuk opsi upgrade aki, terdapat pilihan 80D26L dengan kapasitas 12 V dan 70 Ampere. 

3. Kijang Innova Diesel Manual (E/G/V)

Selanjutnya, ada Kijang Innova versi diesel dengan variasi E/G/V yang diproduksi dalam rentang tahun 1997 hingga 2003. Toyota Kijang Innova diesel manual (E/G/V) menggunakan aki standar tipe 80D26L, dengan kapasitas 12 V dan 70 Ampere. 

Untuk opsi upgrade aki, Bosque bisa menggunakan tipe aki 85D26L dengan kapasitas 12 V dan 68 Ampere. 

4. Innova Reborn

Terbaru, ada Toyota Kijang Innova Reborn tahun 2016 yang merupakan penerus dari Toyota Kijang Innova generasi kedua. Bosque bisa menggunakan tipe aki standar 56035 dengan kapasitas 12 V dan 60 Ampere. Untuk tipe aki upgrade, Bosque bisa menggunakan tipe 57035 dengan kapasitas 12 V dan 60 Ampere.

cakra motor 11

Sudah Tahu Berapa Ampere Aki Mobil Innova Bensin Manual dan Matic?

Setiap mobil Toyota Kijang Innova memiliki standar berapa ampere aki mobil Innova bensin manual dan matic masing-masing. Namun, dalam situasi tertentu ada kemungkinan untuk mengganti baterai atau aki standar dengan tipe yang ditingkatkan. 

Dalam kondisi tersebut, sebaiknya Bosque tidak menggantinya melebihi kapasitas yang disarankan untuk tipe aki upgrade yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, jika Bosque perlu meningkatkan tipe akinya, peningkatan kapasitas sebaiknya tidak melebihi 15 Ampere dari kapasitas standar. 

Untuk peningkatan di luar batas tersebut, sebaiknya Bosque berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu. Hal ini karena biasanya diperlukan peningkatan alternator atau dinamo ampere untuk menghindari masalah kelebihan beban.

Nah, kalau Bosque bingung mau cari aki mobil dengan kapasitas ampere yang pas, bisa mampir ke toko cakramotor11.com dan temukan aki mobil sesuai dengan jenis Innova yang dimiliki.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait