Bagikan!

Benar Gak Mematikan AC Mobil Hemat Bensin?

Mematikan AC Mobil Hemat Bensin?

Wah ini sih udah sering ada di kepala bang ori dari dulu, ngomong-ngomong bosque tau gak kalau mematikan AC mobil itu bisa menghemat bensin? Jawab di kolom komentar ya. Emang ya, udah banyak banget nih tips dan juga trik untuk menghemat bensin mobil, tapi apakah ada yang benar-benar berhasil? Sampai muncul pembicaraan kalau mematikan AC Mobil itu bisa bikin mobil irit bensin.

Mematikan AC Mobil Hemat Bensin, bener gak ya?

ac mobil

Sebetulnya sih gini, kalau kondisi mesin mobil dan kondisi komponen mobil lainnya sehat, bensin akan irit. Tapi apa bener matiin AC bisa bikin irit?Seperti yang di kutip dari Otosia, Kepala Bengkel Auto2000 mengatakan bahwa kalau AC mobil mati selama perjalanan itu sih emang berpengaruh pada konsumsi BBM mobil kita.

Hal ini dikarenakan AC yang aktif itu akan menambah dari beban mesin mobil saat bekerja. Dengan begitu, mesin juga jadi bekerja ekstra. Meskipun begitu, menurutnya masih belum ada data final perihal seberapa besar sih penghematan dari kita mematikan AC mobil ketika berkendara.

Dan ada juga pendapat bahwa efisiensi bahan bakar mobil benar akan efektif jika kita berkendara sambil menutup semua kaca mobil. Apabila AC di matikan tapi kaca di buka, malah mobil jadi lebih boros bosque. Menurut Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang, Bambang Sri Haryanto seperti yang di kutip Kontan. Mengatakan bahwa mematikan AC dengan membuka seluruh kaca mobil malah membuat hambatan angin jadi masuk ke dalam kabin jadi lebih besar, bukannya irit, malah berbalik jadi boros.

Karena pada kecepatan tinggi dan kaca mobil dibuka sampai setengah misalnya, sudah memberikan hambatan pada aerodinamis yang cukup besar. Jadi alternatifnya yang baik adalah tetap menyalakan AC dengan sewajarnya saja, apalagi pada mobil keluaran terbaru sudah ada indikator ECO Driving yang bisa mengatur dengan baik kondisi mesin dan juga AC mobil yang menyala.

Tips agar mobil bisa irit bahan bakar:

  • Rutin merawat mobil seperti ganti oli mobil di Cakra Motor 11.
  • Selalu melakukan perpindahan gigi di RPM rendah.
  • Menggunakan ECO Driving mode ketika berkendara.

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait