Bagikan!

Beda Aki Soak dan Kurang Setrum: Menjaga Kinerja Aki Mobil

aki gs astra

Apa saja beda aki soak dan kurang setrum? Seperti kita tahu, aki adalah komponen yang memang kondisinya harus selalu Bosque perhatikan. Jangan sampai aki mengalami masalah karena bisa mempengaruhi kinerja mobil. 

Terdapat dua masalah aki yang biasanya dialami yaitu aki kurang setrum dan soak. Meski orang awam menduga bahwa keduanya gak jauh beda, tapi keduanya punya beberapa perbedaan. Mengetahui perbedaan tersebut membuat Bosque bisa tahu masalah yang terjadi dan penanganannya pun jadi lebih tepat.

Pengertian Aki Soak dan Kurang Setrum

Simak pembahasan secara lebih detail seputar pengertian serta beda aki soak dan kurang setrum.

1. Aki Soak

Aki soak merupakan kondisi di mana usia dari aki mobil sudah cukup berumur. Biasanya usia aki minimal 2 tahun atau bisa lebih. Kondisi tersebut mengakibatkan kendaraan menjadi sulit untuk Bosque nyalakan. Adapun ciri yang mengindikasikan aki soak antara lain:

  • Tegangan Aki Normal Tapi Mesin Gak Hidup

Ciri pertama, Bosque bisa cek seperti apa tegangan aki. Jika nyatanya tegangannya normal tapi tetap saja mobil gak bisa di-starter menandakan aki mobil sudah soak. 

  • Aki Gak Bisa Menghidupkan Komponen Berdaya Listrik Besar

Mobil punya banyak komponen kelistrikan seperti klakson, lampu, dan sebagainya. Kalau aki sudah soak, pasti kemampuannya dalam menghidupkan komponen yang memang butuh daya listrik besar gak bisa dilakukan.

Akan tetapi, aki mobil masih tetap bisa menghidupkan komponen kelistrikan mobil yang hanya butuh daya listrik kecil. Misalnya klakson maupun lampu itu sendiri.

  • Kondisi Aki Menggelembung

Pernah tahu aki yang kondisinya menggelembung? Ini menjadi indikasi bahwa aki sudah soak. Kondisi tersebut terjadi karena plat-plat aki bisa tertekan serta saling bersentuhan. yang mengakibatkan aki gak bisa berfungsi lagi.

  • Usia Aki Sudah Tua

Seiring penggunaannya, memang aki cenderung harus Bosque ganti ketika pemakaiannya sudah beberapa tahun, khususnya aki kering. Untuk batas usia aki tersebut menyesuaikan spesifikasi aki karena cenderung berbeda-beda.

Selain itu, faktor pemakaian pun juga bisa berpengaruh terhadap usia aki itu sendiri. Rata-rata usia aki sekitar 2 tahun. Artinya, saat aki mobil sudah mencapai usia tersebut dan soak, tandanya memang harus Bosque ganti.

2. Aki Kurang Setrum

Bagaimana dengan aki kurang setrum atau aki drop? Aki ini usianya masih belum 2 tahun tapi mobil sudah sulit untuk Bosque starter. Umumnya, masalah ini terjadi karena banyak energi terbuang waktu mesin lama gak dinyalakan. Sementara itu, aki drop mempunyai beberapa ciri seperti berikut.

  • Kelistrikan Mobil Gak Bisa Nyala Dikarenakan Tegangan Aki Lemah

Seperti penjelasan sebelumnya, mobil punya banyak komponen kelistrikan dan menyalakannya perlu tenaga dari aki. Pada aki yang sudah drop memang benar-benar gak bisa menyalakan komponen kelistrikan, baik yang butuh daya kecil maupun besar.

  • Mobil sudah Lama Gak Dipakai

Mobil Bosque yang lama banget gak dipakai bisa menjadi indikasi aki kurang setrum. Itulah mengapa meski mobil gak dipakai, Bosque harus tetap memanaskan mesin secara rutin.

Dampak Aki Soak dan Kurang Setrum

Selain memahami beda aki soak dan kurang setrum, lalu apa dampak yang ditimbulkan dari masalah tersebut? Berikut pembahasan selengkapnya!

1. Merusak Sistem ECU

Aki yang bermasalah berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem ECU atau Electronic Control Unit. Kondisi tersebut lalu menyebabkan mobil Bosque sulit dinyalakan, khususnya waktu kondisi mesin masih dingin. Untuk itu, pastikan tegangan listrik aki berada lebih dari 12 volt biar mobil mudah di-starter

2. Mengganggu Kinerja Kelistrikan

Jika tegangan aki mobil di bawah normal, otomatis kinerja kelistrikan menjadi terganggu. Selain itu, dampaknya juga bisa merusak komponen ECM atau Engine Control Module. Kalau ECM sudah rusak, mau gak mau Bosque harus membawa mobil ke bengkel dan kemungkinan harus diganti.

cakra motor 11

Cara Mengatasi Aki Soak dan Kurang Setrum

Beda aki soak dan kurang setrum juga bisa Bosque cek dari bagaimana cara mengatasinya. Untuk aki yang kurang setrum alias drop, maka Bosque cukup melakukan pengisian ulang daya. Akan tetapi, jika ternyata aki sudah soak maka mengatasinya adalah dengan mengganti aki tersebut.

Kemudian Bosque juga sebenarnya bisa menangani permasalahan aki tersebut di rumah sehingga memang gak harus ke bengkel. Namun, jika belum berpengalaman dan khawatir terjadi apa-apa, maka sebaiknya bawa ke bengkel terpercaya.

Sudah Tahu Beda Aki Soak dan Kurang Setrum?

Sekian info mengenai beda aki soak dan kurang setrum. Jika aki Bosque soak dan perlu menggantinya, Bosque bisa membelinya di Cakra Motor 11. Pasalnya, Cakra Motor 11 menjual aki mobil berkualitas dari berbagai merek secara lengkap dan tentunya 100% asli.

Harga aki di Cakra Motor 11 juga sesuai dengan kualitas yang diberikan. Bahkan Bosque dapat bonus pemasangan juga lho. Jadi, dapatkan aki terbaik untuk mobil Bosque hanya di Cakra Motor 11.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait