Bagikan!

Apakah Mobil Listrik Pakai Oli? Yuk, Cari Tahu!

mobil listrik di cas

mobil listrik di cas

Dalam beberapa tahun terakhir, trend mobil listrik sudah merajai dunia otomotif sebagai solusi ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas beracun, lo Bosque!  Meski begitu, masih banyak masyarakat yang bingung apakah mobil listrik pakai oli layaknya mobil konvensional atau tidak.

Namun, Bosque gak perlu bingung lagi. Melalui artikel ini, Bosque bisa tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Buruan, simak sekarang!

Ini Penjelasan Tentang Apakah Mobil Listrik Pakai Oli?

Menurut banyak sumber, mobil listrik tidak menggunakan oli. Namun, bukan berarti kendaraan tersebut tidak menggunakan pelumas.

Pasalnya, beberapa komponen tertentu yang dimiliki mobil listrik masih membutuhkan pelumasan untuk memastikan kinerjanya maksimal dan usia pemakaiannya bisa panjang.

Jadi, pertanyaan apakah mobil listrik pakai oli adalah tidak. Lantas pelumasan jenis apa yang digunakan? Di bawah ini penjelasan lengkapnya buat Bosque!

Jenis-Jenis Pelumas Pada Mobil Listrik

Setelah tahu jawaban dari apakah mobil listrik pakai oli, Bosque pasti bertanya-tanya pelumas apa sih yang dipakai kendaraan itu? Nah, inilah 4 jenis pelumas yang biasa dipakai sama mobil listrik. 

1. Coolant

Coolant merupakan cairan untuk mendinginkan radiator. Meski tidak memiliki mesin pembakaran internal, kendaraan elektrik tetap memakai radiator sebagai bagian dari sistem pendingin guna menjaga suhu motor elektrik.

Oh ya Bosque, cairan coolant juga berfungsi untuk mencegah terjadinya overheat. Untuk itu, penambahan cairan ini harus diganti setiap 6 bulan sekali atau pada setiap jarak tempuh 20 ribu kilometer.

2. Cairan Wiper

Cairan yang kedua adalah wiper atau disebut washer fluid. Seperti kendaraan pada umumnya, mobil listrik juga membutuhkan cairan wiper untuk membersihkan kaca dari kotoran, uap embun, hingga debu ketika berkendara.

3. Minyak Rem

Agar sistem pengereman mobil bisa memberikan tekanan hidrolik untuk menekan kampas, maka kendaraan listrik ini juga membutuhkan minyak rem. Bosque juga harus memastikan jumlahnya setiap 2 tahun atau jarak tempuh 40 ribu kilometer.

Namun, jika sebelum jarak tempuh terpenuhi minyak rem sudah berkurang, silahkan Bosque tambahkan agar tidak mengganggu kinerjanya.

4. Lubrikan Pengganti Oli

Motor listrik yang dimiliki mobil ini pasti akan mengalami gesekan yang cukup kuat, sehingga memberikan efek panas ketika bekerja. Karena tidak menggunakan oli, Bosque bisa menggunakan cairan pelumas khusus yakni lubrikan pengganti oli.

Gunanya buat membantu kinerja gerak kumparan magnet dengan RPM. Biasanya, cairan pelumas ini harus diperhatikan ketika melakukan servis secara berkala. 

Selain itu, lubrikan pengganti oli juga memiliki sifat long life atau mempunyai masa pakai yang cukup lama.

Pentingnya Pelumasan pada Sistem Transmisi Mobil Listrik

Sistem transmisi di mobil listrik tuh penting banget buat merubah tenaga dari motor listrik ke roda mobil. 

Meski motor listrik lebih efisien ketimbang mesin pembakaran dalam, tapi komponen-komponen di mobil tetep butuh pelumas buat menjaga suhu biar tetap jalan lancar.

Nah, kalo udah ada pelumasnya, ini beneran bantu banget buat menghemat energi juga bikin tahan lama komponen mobilnya.

4 Tips Perawatan Mobil Listrik

Setelah tahu jawaban dari apakah mobil listrik pakai oli, Bosque bisa lebih menyesuaikan cara perawatannya. Berikut 4 tips-tips terbaiknya.

1. Upayakan Parkir di Tempat Rindang

Tips yang pertama adalah upayakan parkir di tempat yang rindang dan beratap. Dengan begitu, risiko terpapar panas matahari secara langsung bisa diminimalisirkan. 

Perlu Bosque ketahui, panas matahari akan berdampak kurang baik pada kapasitas dan penggunaan baterai mobil. Lalu, bagaimana jika terpaksa parkir di tempat yang terbuka? Sebaiknya, lindungi memakai cover mobil.

2. Selalu Perbarui Software Secara Berkala

Mobil listrik jelas beda dengan kendaraan konvensional. Untuk menjaganya, perlu dilakukan perawatan software secara berkala. Caranya dengan memperbaikinya, jika memang sudah waktunya diperbarui.

Kalau Bosque rajin memperbarui software, sistem pasti tidak mengalami kerusakan. Sebaliknya, kalau Bosque malas memperbarui, akan mengacaukan seluruh kinerja mobil.

3. Periksa Komponen

Tips yang ketiga, periksa komponen dengan rutin. Mulai dari air radiator, cairan pelumas, minyak rem, hingga washer fluid. Pemeriksaan rutin akan membuat semua komponen kendaraan bisa bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak.

Jika ada kerusakan, Bosque bisa langsung memperbaikinya agar tidak merembet ke komponen yang masih bekerja. 

4. Lakukan Pengisian Ulang Baterai Tepat Waktu

Karena ini mobil listrik ya, Bosque harus selalu memantau jumlah baterai pada kendaraan. Lakukan pengisian baterai dengan tepat waktu. Umumnya, dua hari sekali. Ketahui jadwalnya agar tidak telat.

Kalau tidak terisi dengan baik, kendaraan tidak akan bisa berjalan dan kemungkinan aktivitas Bosque bisa terganggu. Jadi, catat baik-baik ya kapan jadwalnya. Ingat! Jangan sampai telat mengisi.

Sudah Tahu Kan Apakah Mobil Listrik Pakai Oli?

Apakah mobil listrik pakai oli? Sudah jelas tidak. Meski pakai listrik, mereka tetap butuh pelumas. Nah, makanya Bosque harus cerdas memilih pelumas yang berkualitas bukan yang abal-abal.

Kalo butuh pelumas, Bosque bisa coba liat di Cakra Motor 11, karena punya beragam pilihan pelumas berkualitas. Tempatnya oke banget, pelayanannya ramah, dan produknya juga bervariasi. Kalo lagi butuh oli atau pelumas lain, mampir aja ke Cakra Motor 11, pasti puas deh!

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait