Bagikan!

Apa Saja Cara Mengetahui Aki Mobil Yang Cocok?

ganti aki mobil

Sebelum memutuskan untuk mengganti aki mobil, tentunya Anda harus memahami cara mengetahui aki mobil yang cocok. Aki adalah salah satu komponen yang pasti aus, seiring dengan waktu serta penggunaan kendaraan bermotor.  Mengganti aki mobil secara cepat saat mengalami kerusakan dapat menghindarkan mobil dari kerusakan.

Tetapi, tentunya Anda tidak bisa sembarangan membeli aki. Terlebih saat ini aki mobil pun dijual bebas di toko online. Ada beberapa faktor yang wajib Anda perhatikan saat mencari aki mobil pengganti yang sesuai dengan tipe kendaraan Anda.

Cara Mengetahui Aki Mobil Yang Cocok Untuk Mobil Anda

Pelajari beberapa hal berikut ini sebelum membeli aki mobil. Ingat, jangan membeli aki sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa faktor berikut ini:

1.     Merek Sesuai

Anda memang seharusnya membeli merek aki yang sudah ditentukan dalam buku manual kendaraan yang Anda miliki. Namun terkadang, pemilik mobil melihat bahwa aki yang direkomendasikan terlalu mahal. Tak jarang, mereka tergoda untuk membeli merek termurah yang memiliki spesifikasi serupa.

Membeli aki terlalu murah hanya menghemat biaya di awal saja. Namun, pemilik mobil akan memahami bahwa mereka mengalami kerugian dalam jangka panjang karena akan ada biaya pemeliharaan sekaligus penggantian komponen lain yang justru lebih mahal.

Jika Anda bukan seseorang yang ahli dalam otak atik otomotif, tentu mencari bengkel resmi kendaraan Anda adalah hal yang paling disarankan. Memang, banyak penyedia aki yang menawarkan harga murah dengan merek yang sesuai dengan merek mobil Anda. Tetapi, banyak ketidaksesuaian yang akan muncul nantinya jika aki tersebut ternyata adalah produk KW atau bahkan palsu.

2.     Ukuran yang Sesuai

Beda mobil tentu beda ukuran aki, terlepas dari merek mobil yang sama. Jadi, pastikan Anda membeli aki mobil yang dapat terinstalasi secara pas dan aman pada tray aki tersebut.  Tray aki mobil biasanya memiliki varian ukuran, tergantung pada pabrikan meskipun sebagian besar tray dirancang untuk menampung aki berbagai merek dengan tertentu.

Bagaimana cara melihat ukuran aki mobil Anda? Tentu Anda dapat mencarinya pada buku petunjuk manual mobil Anda.  Lalu, bagaimana jika buku manual hilang?

Memang, mengakses mesin pencari dapat membantu pemilik mobil untuk menemukan aki yang sesuai. Tetapi, alangkah baiknya jika pemilik mobil dapat mendatangi bengkel resmi untuk dapat menentukan ukuran dari kelompok jenis aki yang sesuai dengan ukuran bak aki mobil.

3.     Ampere atau Kapasitas yang Pas

Tidak semua pemilik mobil memperhatikan poin ketiga ini. Selain ukuran fisik yang harus sesuai, ukuran ampere dan kapasitas juga harus sama. Tegangan yang berbeda dapat menimbulkan kerusakan.

Tetapi, Anda sebagai pemilik mobil masih dapat menggunakan aki dengan kapasitas atau ampere yang lebih rendah dari aki aslinya. Sebaliknya, jika Anda memilih aki dengan kapasitas yang lebih tinggi, bisa jadi komponen mobil akan rusak. Pastikan teknisi terpercaya dari bengkel resmi mobil Anda dapat memberikan saran yang dapat diandalkan.

4.     Aki Baru

Harga aki bekas memang menggiurkan. Terlebih jika Anda sedang ingin mengirit anggaran. Tetapi, jangan coba-coba menggunakannya pada mobil Anda saat mobil memang sedang membutuhkan aki dengan tenaga yang dibutuhkan mobil.

Cara mengetahui aki mobil yang cocok sebenarnya tidak sulit, bukan? Asalkan Anda memperhatikan kualitas aki baru dengan merek dan kapasitas yang sesuai, Anda telah merawat mobil Anda secara maksimal. Jangan hanya tergiur harga murah di awal, namun Anda harus membuang uang lebih banyak karena adanya kerusakan yang tidak perlu.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait