Bagikan!

Apa Penyebab Wiper Bunyi dan Cara Membersihkannya

penyebab wiper bunyi

Mungkin kita sebagai pemilik mobil kadang abai sama hal-hal eksternal atau sisi luar mobil kita. Apalagi kalau bang ori sebut kata “wiper”, alat penyapu air dan kotoran di kaca depan mobil kita ini ternyata bisa bermasalah juga loh. Kadang yang sering dirasakan oleh para pemilik mobil termasuk bang ori juga adalah wiper kadang suka bunyi dan gak tau itu penyebabnya apa. Meskipun ini terkesan sepele, namun kalau berangsur-angsur malah bisa mengganggu ya bosque.

wiper mobil saat hujan

Adanya wiper ini sangat penting, apalagi saat musim hujan tiba, bagaimana tidak, jika dia tidak berfungsi, kotoran bercampur air saat musim hujan ini bisa menghalangi pandangan kita. Wiper jika sudah lama digunakan, karetnya bisa menghasilkan bunyi decit, mungkin bisa diabaikan namun selain bunyi, karet dari wiper ini malah tidak akan sempurna lagi dalam menyeka kaca mobil depan atau belakang. Lantas gimana sih cara menghilangkan bunyi decit pada karet wiper dan cara merawat wiper?

Penyebab Wiper Bunyi itu bisa disimpulkan ada tiga faktor, pertama perawatan wiper kurang baik, terlalu banyak kotoran pada kaca dan juga umur dari karet wiper itu sendiri bosque. Cara merawat wiper mobil itu gimana, simak di bawah ini.

Cara Merawat Wiper Mobil:

  • Rajin cuci kaca mobil dengan bersih.

Cara pertama yang bisa dilakukan agar wiper tetap bekerja baik adalah dengan rutin membersihkan kaca mobil. Bisa mengunggukan bahan yang mudah di dapat seperti cuka, soda kue dll.

  • Ganti karet wiper dalam periode tertentu.

Penyebab lain wiper mobil bunyi adalah wiper yang sudah cukup berumur dan perlu diganti. Gantilah karet wiper mobil secara berkala bosque, setidaknya setahun sekali sebelum musim hujan ya. Dan jangan asal membeli karet wiper, beli yang berkualitas biar awet dan tahan lama, yang terpenting adalah bekerja baik dalam lengkungan kaca mobil kita.

  • Cek posisi wiper secara berkala.

Begini bosque, karet wiper juga perlu kita cek selalu, seperti apakah dia tetap pada jalur lengan wiper atau tidak. Jika terlihat posisi karet wiper sudah tidak baik tidak ada salahnya kita memperbaiki secara manual posisi karet wiper.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait