Bagikan!

apa itu ground clearance pada mobil

Cakramotor11.com – Ground clearance adalah jarak antara tanah atau permukaan aspal dengan kolong mobil. Ground clearance bukan diukur dari tanah ke footstep atau body mobil, melainkan dari tanah ke kolong mobil. Jika anda perhatikan, setiap mobil memiliki jarak antara kolong mobil dan aspal yang berbeda-beda tergantung pada jenis mobilnya. Berbeda jenis mobil, berbeda pula tinggi ground clearance-nya. 

ground clearance mobil
Sumber: Autoportal

Tidak semua jenis mobil bisa digunakan untuk berkendara di jalan dengan medan berbatu. Selain karena mesin, ground clearance mobil tersebut juga berpengaruh. Mobil city car yang didesain untuk jalanan kota pasti akan kewalahan dan rawan rusak jika harus melewati jalan berbatu yang terjal. Sebaliknya, mobil-mobil dengan ground clearance yang cukup tinggi akan dengan mudah melewati medan berbatu atau berlumpur tanpa khawatir bagian bawah mobil terbentur batu.

Baik mobil dengan ground clearance tinggi ataupun ground clearance rendah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan dan kekurangan mobil dengan ground clearance tinggi

fungsi ground clearance mobil
Sumber: Jagran

Memiliki mobil dengan ground clearance tinggi bisa lebih tenang ketika harus berkendara di jalan yang berbatu atau tidak rata. Jarak aspal dengan kolong mobil yang cukup tinggi akan menghindarkan mobil dari benturan batu. Maka mobil tipe ini bisa digunakan untuk berbagai jenis medan jalanan. 

Mobil dengan ground clearance tinggi juga bisa dengan mudah melewati polisi tidur. Selain itu, dengan ground clearance yang tinggi, mobil juga bisa digunakan untuk mengangkut beban yang berat tanpa khawatir bagian bawah mobil akan mengalami gesekan dengan aspal.

Kekurangan dari mobil dengan ground clearance yang tinggi adalah bisa membuat mobil limbung atau bodyroll (mobil terasa miring saat berada di tikungan). Oleh karena itu mobil tipe ini tidak cocok untuk berjalan dengan kecepatan tinggi karena sangat rawan terguling.

Jika dibandingkan dengan mobil sedan yang memiliki ground clearance rendah, mobil dengan ground clearance tinggi memiliki daya cengkram ban terhadap aspal yang rendah. 

Kelebihan dan kekurangan mobil dengan ground clearance rendah

 

Semakin rendah Ground Clearance maka semakin rendah pula Center of Gravity (CoG) pada mobil tersebut, alias semakin kuat cengkraman gravitasinya. Dalam dunia otomotif, CoG yang lebih rendah akan membuat mobil lebih melekat pada aspal sehingga resiko mobil tergelincir ketika melakukan manuver di kecepatan tinggi menjadi sangat minim. Itulah mengapa kebanyakan mobil sport memiliki ground clearance yang sangat rendah. 

Mobil dengan ground clearance rendah juga sangat baik dalam hal aerodinamis, sehingga tidak akan limbung meski berbelok dalam kecepatan tinggi. 

Namun mobil tipe ini juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah mobil hanya bisa dikendarai pada medan yang mulus dan bebas dari polisi tidur. Jangan berharap mobil seperti ini akan bisa digunakan untuk naik dan turun gunung tanpa bagian kolong mobil terbentur aspal atau batu. Untuk mengangkut beban berat juga masih kalah jika dibandingkan dengan mobil yang memiliki ground clearance tinggi.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait