Bagikan!

4 Rekomendasi Aki yang Bagus untuk Mobil Agya, Awet dan Kuat

ganti aki mobil

ganti aki mobil

Sebagai pemilik kendaraan, Bosque harus pintar pilih aki yang bagus untuk mobil Agya. Apalagi aki adalah komponen penting yang peran utamanya adalah memberi energi pada banyak komponen. Seperti lampu kendaraan, klakson, audio, dan pendingin.

Selain itu, aki mobil berkualitas tinggi bisa meningkatkan kestabilan kinerja kelistrikan mobil. Lalu, apa saja sih rekomendasi aki yang bagus? Bagaimana cara merawatnya? Yuk, simak di sini!

Rekomendasi Aki yang Bagus untuk Mobil Agya

Di pasaran ada banyak sekali jenis aki yang bisa Bosque pilih sesuai kebutuhan. Nah, berikut beberapa aki yang cocok buat mobil Agya.

1. Amaron

Pertama adalah Amaron Hilife NS 40ZL yang sangat berkualitas dan berasal dari India. Kalau pakai aki satu ini, Bosque nggak perlu menambahkan air aki sering-sering. Sebab, desain aki memang secara buat lingkungan panas.

Amaron Hilife NS 40ZL memang punya senyawa kalsium yang anti karat dan panas. Produk satu ini juga sangat awet dan bebas perawatan. Bosque nggak perlu lagi ribet harus buka dan tutup mesin buat memeriksa keadaan aki. 

Produk ini juga sudah melewati serangkaian pengujian yang dapat menjadi kualitasnya ketimbang jenis aki lain. Aki ini juga tetap aman meski mobil mengalami goncangan sekalipun. Harga aki ini sendiri sekitar Rp850.000,00.

2. GS Astra

GS Astra jadi salah satu rekomendasi aki yang bagus untuk mobil Agya. Aki GS Astra ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena tahan lama dan cocok untuk kendaraan di daerah tropis.

Kualitasnya memang nggak perlu Bosque ragukan karena sangat yang tahan lama, tidak perlu perawatan yang sulit, dan tenaga start yang kuat. Produk aki ini tersedia dalam jenis yaitu VRLA, Hybrid, dan Premium. Harganya di pasaran adalah sekitar Rp600.000,00 an.

3. Yuasa

Yuasa adalah merek aki mobil bagus dan terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi. Salah satu keunggulan merek ini adalah sambungan platnya akurat, sehingga menjamin kualitas produk. Harganya sendiri sekitar Rp570.000,00.

Di Indonesia, aki mobil Yuasa tersedia dalam tiga jenis, yaitu AMB Bebas Perawatan, Tipe New Perfecta, dan Tipe DIN. Ketiga jenis ini bisa Bosque pakai di kendaraan manufaktur Eropa. Kalau memilih aki ini, Bosque bisa langsung pakai tanpa perlu mengisi daya lebih dulu.

4. Incoe

Merek aki yang bagus untuk mobil Agya berikut ini terkenal dengan harga produknya yang murah, yaitu sekitar Rp400.000,00 an. Namun, Incoe Gold NS60 adalah aki hybrid yang memerlukan lebih sedikit perawatan daripada jenis aki lain.

Aki satu ini juga punya beberapa keunggulan. Antara lain output daya yang lebih besar dan tingkat penguapan yang lebih rendah. Alhasil, Bosque nggak perlu sering-sering mengisi ulang aki.

Tips Merawat Aki Mobil Agya

Meski pakai aki yang bagus untuk mobil Agya, kalau nggak dirawat pun bakal percuma. Bakal ada risiko kerusakan yang bisa membahayakan berbagai komponen mobil. Yuk, ikuti tips di bawah ini biar aki mobil bisa tahan lebih lama dan Bosque nggak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk beli yang baru terus-terusan.

1. Periksa Terminal Aki Mobil

Pertama, Bosque wajib buat memperhatikan konektor atau katup yang menghubungkan kutub positif dan negatif aki. Jamur, karat, dan posisi yang longgar jadi beberapa permasalahan yang sering terjadi di bagian ini.

Kondisi ini bisa berpengaruh pada usia aki yang Bosque punya. Kalau muncul jamur dan karat di aki mobil, cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan membersihkannya pakai air panas. Bilas area tersebut sambil menggosoknya dengan lembut pakai sikat gigi.

2. Periksa Ketinggian Air Aki

Level air aki harus terjaga di atas batas minimum tetapi tidak melebihi batas maksimum. Terlebih kalau pakai aki basah yang selnya tidak boleh sampai kering dan harus direndam dalam air biar berfungsi dengan benar.

Kalau ketinggian air aki melebihi batas maksimal, maka bakal meluap waktu mobil bergerak. Sifat korosif air aki juga bisa merusak komponen lain di dalam mobil, seperti kepala aki atau terminal aki.

3. Panaskan Mesin Mobil

Meski jarang Bosque pakai, daya aki masih bisa menurun. lho. Alasannya karena beberapa komponen seperti alarm mobil tetap bekerja.

Bosque sebaiknya memanaskan mobil selama kurang lebih 5 sampai 10 menit setiap 2-3 hari sekali buat mengisi aki dengan arus listrik. Selain itu, Bosque bisa cegah karat dengan melumasi komponen mesin.

cakra motor 11

Mau Beli Aki yang Bagus untuk Mobil Agya, Bosque?

Memilih aki yang bagus untuk mobil Agya bakal memberikan Bosque pengalaman menyenangkan saat menggunakan mobil setiap hari. Selain itu, aki berkualitas akan jauh lebih awet dan hemat pengeluaran.

Kalau Bosque mau nemuin produk aki berkualitas, kunjungi aja Cakra Motor 11. Bisa langsung pergi ke cangnya secara offline atau lewat toko online yang lebih praktis. Yuk, jangan sampai kelewatan penawaran terbaik Cakra Motor 11 untuk berbagai perlengkapan kendaraan!

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait