Bagikan!

Merk Aki Mobil Toyota Yaris Dengan Performa Yang Terbaik

aki mobil toyota yaris

Aki Mobil Toyota Yaris – Di jalanan tentu kita sering bertemu dengan Toyota Yaris, mobil subcompact yang dipasarkan Toyota sejak tahun 1999 menggantikan Starlet dan Tercel. Yaris kini sudah memasuki generasi keempat dan semakin canggih. Nama “Yaris” diturunkan dari kata bahasa Yunani, “Charis,” bentuk tunggal dari Charites yang berarti dewi pesona dan kecantikan Yunani. Hingga Maret 2020, Yaris telah terjual sebanyak 8,71 juta unit di seluruh dunia.

Toyota Yaris dari Generasi ke Generasi

aki mobil toyota yaris

Secara singkat kami akan membahas generasi-generasi Toyota Yaris agar Anda semakin mengenali mobil ini. Generasi pertama dari tahun 1999 sampai 2005 berbentuk hatchback (Toyota Vitz XP10), coupe, dan sedan (Toyota Platz XP10). Generasi pertama ini dipasarkan dengan nama “Yaris” atau “Echo” yang dipakai sesuai tempat pemasarannya. Nama Vitz sendiri hanya digunakan di Jepang.

Generasi kedua Yaris dari tahun 2005-2013 dipasarkan ke seluruh dunia dengan nama “Yaris” dalam versi hatchback (Toyota Vitz XP90) dan sedan (Toyota Belta XP90). Generasi ketiga mulai dipasarkan pada tahun 2011 dan awalnya hanya tersedia dalam bentuk hatchback, bentuk sedan baru muncul pada tahun 2013 dan tidak ditawarkan ke semua negara. Mobil hatchback versi Eropa, Australiasia, Afrika Selatan, dan sebagian besar Amerika Utara adalah versi Toyota Vitz XP130, sedangkan sedan di sebagian besar Asia, Amerika Latin, dan Karibia adalah Toyota Vios (XP150).

Generasi keempat diuji pada bulan Juli 2019, yaitu mobil hatchback untuk Jepang, Eropa, dan Australiasia, yaitu seri Yaris standar XP210 yang jauh lebih canggih dari pendahulu-pendahulunya. Ada pula varian berbasis performa yang disebut GR Yaris.

Interior dan Eksterior Toyota Yaris

aki mobil toyota yaris
Sumber : Liputan6.com

 

1. Interior

Toyota Yaris membanggakan interior mobil yang mewah dan sporty, cocok untuk semua kalangan. Warna dominan hitam bisa Anda lihat di dalam kabin dan dashboard dengan material yang bagus. Ada sedikit aksen krom di bagian dashboardnya. Di bagian speedometer, ada tampilan panel sporty yang menampilkan lampu terang dan cluster untuk menunjukkan informasi mobil secara jelas.

Masih soal interior, Yaris memiliki LCD display untuk hiburan dan dilengkapi dengan Teknologi Navigasi. Untuk Yaris tipe tertinggi, TDR S matic, ada fitur LCD display berteknologi touch screen dan air gesture. Kemudinya didesain sporty dengan penataan tombol-tombol yang fungsional seperti auto AC dan smart stop button.

Jok Yaris dibuat dari material yang sangat bagus sehingga pengemudi dan penumpang akan meras nyaman ketika berkendara. Kapasitas ruang kabinnya lebih luas dan lega dibanding tipe sebelumnya. Bagasinya cukup luas untuk penyimpanan barang yang lebih efisien dalam mobil.

2. Eksterior

Toyota Yaris memiliki banyak lekukan bodi yang memberi kesan gagah dan sporty. Versi Yaris terbaru memiliki bumper yang didesain sporty dan gagah yang ditunjang oleh aksesoris fog lamp dan lampu utama berdesain modern futuristik, membuat mobil ini terlihat sangat stylish. Kemudian ada fitur Led Daytime Running Light atau DRL untuk memperkuat pencahayaan Anda dan meningkatkan sentuhan desain mewah mobil dengan lampu DRL.

Bagian samping mobil ini memamerkan lekuk bodi yang juga sporty dengan spion yang terdapat Retractable Outer Mirror with Turning Signal. Dimensi Toyota Yaris adalah 4115 x 1700 x 1475 mm. Sementara untuk bagian belakang, lekukan body kit dan spoiler di atas kaca bagian belakang terkesan mewah dan sporty. Penataan lampu belakang juga memperkuat aura sporty mobil ini.

Aki Mobil Toyota Yaris

aki mobil toyota yaris

Toyota Yaris memiliki mesin yang lebih bertenaga, yaitu mesin seri 1 NZ-FE 1.4 liter berjenis DOHC VVT-i dengan kapasitas 1497 cc. Mesin ini juga mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 109 ps pada putaran 6.000 rpm. Yaris mampu mengeluarkan torsi maksimal mencapai 14,4 kg-m pada putaran mesin 4200 rpm.

Mesinnya memiliki 4 silinder dengan 16 katup berbahan bakar bensin. Adapun kapasitas tangki bensin maksimalnya adalah 42 liter. Toyota juga menyematkan teknologi Fule Injection (EFI) yang berfungsi untuk mengirit pemakaian BBM namun tetap menunjang performa mesin yang tinggi.

Mesin sekuat itu membutuhkan dukungan aki yang juga baik. Aki berfungsi untuk menyuplai listrik ke komponen-komponen penting dalam mesin. Jika aki soak atau tekor, suplai listrik akan terhambat dan mobil bisa susah dinyalakan. Kemudian beberapa fungsi seperti klakson dan lampu juga akan terganggu. Mengingat pentingnya aki, Anda perlu memilih yang terbaik untuk mobil Toyota Yaris Anda. Jangan sampai mobil segagah Toyota Yaris mogok hanya karena akinya tekor.

Ada beberapa pilihan aki yang cocok untuk Toyota Yaris. Kami hadirkan daftarnya untuk Anda lengkap beserta harganya.

No Aki  Mobil Toyota Yaris Harga
1 AMARON NS60LS/55B24LS 45AH Rp. 925.000
2 GS MF NS60LS/55B24LS Rp. 880.000
3 INCOE NS60LS/55B24LS Rp. 600.000
4 YUASA NS60LS/55B24LS Rp. 725.000

 

Tentu saja Anda bisa memilih merk-merk lain yang sesuai dengan keinginan Anda, namun pastikan spesifikasinya benar-benar dipertuntukkan untuk Toyota Yaris, bukan mobil lain. Anda bisa menanyakan hal itu pada penjual atau mekanik yang menangani mobil Anda.

Dan jangan lupa untuk selalu membeli aki incaran Anda di toko atau bengkel terpercaya yang pastinya tidak akan menjual produk palsu. Bila Anda ragu dengan kondisi aki Anda, sebaiknya Anda membawanya ke bengkel kesayangan Anda untuk diperiksa. Mekanik yang baik akan memberitahu Anda apa permasalahan aki Anda dan apa solusinya.

Nah untuk tempat membeli akinya, Anda bisa memilih antara bengkel resmi, toko/distributor aki resmi, bengkel umum, marketplace, ataupun e-commerce. Salah satunya adalah Cakra Motor 11.

Cakra Motor 11

aki mobil toyota yarisCakra Motor 11 bukanlah nama yang asing di kalangan pemilik kendaraan. Bengkel sekaligus toko oli dan aki ini sudah melayani pelanggan selama bertahun-tahun dan kini sudah memiliki banyak cabang di kawasan Jabodetabek. Cakra Motor 11 juga memiliki official store di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11) untuk menjangkau pelanggan dari daerah.

Keunggulan Cakra Motor 11 dibanding tempat lain adalah pelayanannya yang ekstra ramah, pengerjaannya yang cepat, kelengkapan stok oli dan aki, tempat nyaman, dan adanya garansi serta promo menarik. Jika membeli di Tokopedia misalnya, Cakra Motor 11 akan memberikan layanan gratis ongkir ke mana pun Anda berada.

Bengkel Cakra Motor 11 ada di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Cinere, dan Gading Serpong. Untuk area-area itu, mereka menyediakan layanan antar pasang. Alamat masing-masing bengkel bisa Anda lihat di bagian bawah blog ini. Cakra Motor 11 akan selalu ada untuk membantu Anda mengatasi segala macam problem di kendaraan Anda sampai tuntas tanpa membikin kantong bolong. Untuk informasi lengkap tentang produk atau bagi anda yang ingin berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait