Bagikan!

Memilih Aki Mobil Suzuki APV Terbaik

aki mobil suzuki apv

Aki Mobil Suzuki APV – Siapa yang tak tahu Suzuki APV, mobil jenis MVP alias minivan keluaran pabrikan terkenal asal Jepang, Suzuki. APV adalah singkatan dari All Purpose Vehicle dan mobil ini dirilis ke publik pada tahun 2007 silam. Di sepanjang perjalanannya, Suzuki meningkatkan APV dengan melaunching seri terbaru, APV Arena yang lebih mewah dan canggih. Suzuki tidak hanya meningkatkan eksteriornya, tetapi juga interiornya serta performa mesinnya.

Ketika APV pertama dirilis di Indonesia, ada beberapa tipe yang ditawarkan pada masyarakat, yakni GX Manual, GL Manual, dan GX Automatic. Kemudian Suzuki juga mengeluarkan tipe  tinggi X, L, dan X A/T, sedangkan untuk tipe rendah ada tipe E dan A. Suzuki dengan gencar mempromosikan tipe-tipe baru pada tahun-tahun berikutnya, antara lain GX M/T, GX A/T, GL M/T, SGX Automatic, dan SGX. Lalu terakhir pada tahun 2009 mereka meluncurkan tipe pamungkas: SGX Luxury.

Tentang Mobil Suzuki APV

aki mobil suzuki apv
Sumber : Carmudi.co.id

Sebagai minivan andalan Suzuki, Suzuki APV memiliki beberapa fitur mentereng yang ditawarkan. Kelebihan pertama adalah kabin luas. Salah satu tolak ukur kenyamanan mobil MPV adalah luas kabin. Suzuki APV memiliki luasan kabin 4225 x 1655x x1855 mm, pas untuk delapan orang penumpang. Mobil ini juga memiliki bentuk ground clearance yang tinggi sehingga jarak mobil dengan jalanan tidak terlalu rendah, yakni 110 cm.

Dibandingkan mobil lain di kelasnya, Suzuki APV memiliki tingkat emisi yang sangat rendah sehingga ramah lingkungan. Mobil ini menggunakan katup 16 valve MPI untuk ruang bakar kendaraan. APV memakai 4 buah silinder yang masing-masing memiliki 4 katup untuk intake dan outake. Katup yang besar ini membuat pembakaran mesin kendaraan menjadi lebih lancar dan membuat emisi rendah sehingga lebih ramah lingkungan.

Soal teknologi, Suzuki APV sudah membenamkan fitur Keyless Entry untuk mempermudah pengemudi membuka kunci pintu. Fitur ini juga dirancang sedemikian rupa untuk meminmalisir pencurian kendaraan. Berikutnya ada sistem intake manifold yang berfungsi mengambil udara untuk dipakai dalam pembakaran mesin kendaraan. Dengan adanya saluran ini, udara bisa dialirkan dengan lancar dan cepat ke ruang pembakaran di mesin kendaraan. Tak lupa ada fitur keamanan canggih yang disebut side impact beams untuk meminimalisir resiko benturan fatal ketika terjadi kecelakaan.

Semua mobil juga punya kekurangan, termasuk Suzuki APV. Salah satunya adalah air aki cepat habis, yang akan kami bahas di bawah ini. Selain itu mobil ini memiliki kaki-kaki yang dirasa kurang kokoh. Beberapa bagian seperti stabilizer joint link, tie rod, per, dan bal joint mudah rusak, terutama bila mobil sering dipakai untuk jarak jauh.

Sejumlah kekurangan lain dari mobil APV bersumber pada desainnya yang kurang pas, misalnya posisi ban yang berada di bawah dudukan supir, yang menyebabkan ban mobil menjadi cepat aus. Suspense depan mobil ini juga dirasa keras sehingga mobil mengeluarkan bunyi-bunyi yang mengganggu. Beberapa pemilik juga melaporkan gigi mundur mobil ini kurang masuk dan fitur keamanannya kurang, terutama pada seri APV Arena. Dan kekurangan terakhir mobil ini adalah harga purnajualnya yang murah.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki APV di atas, yang pasti mobil ini telah menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia dan cukup baik untuk digunakan sebagai kendaraan kota dan kendaraan kerja. Tak heran penjualan mobil ini dari tahun ke tahun pun cukup stabil.

Aki Mobil Suzuki APV

Seperti semua kendaraan lainnya, komponen yang berperan besar dalam sebuah kendaraan adalah aki, yang berfungsi menyuplai sistem kelistrikan untuk dialirkan ke komponen lain yang membutuhkan listrik, misalnya starter, lampu, klakson, dan AC. Tanpa aki, mustahil mobil bisa menyala dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Aki mobil Suzuki APV letaknya agak tersembunyi yang berada di bawah jok kendaraan, berbeda dengan kebanyakan kendaraan yang berada di moncong mobil. Karena penempatannya yang sedemikian rupa, aki APV lumayan susah untuk dikontrol. Ini bisa berakibat pemilik mobil lalai untuk memeriksa akinya, sehingga tau-tau aki sudah tekor.

Masalah aki tekor dan soak umum dijumpai pada semua mobil, tak terkecuali Suzuki APV. Bila mobil susah dinyalakan, itu adalah tanda awal bahwa aki Anda sudah bermasalah. Aki yang bermasalah biasanya disebabkan oleh rusaknya sel-sel aki yang berfungsi menyimpan arus listrik. Bila sel aki rusak, cranking ampere (CA) akan menurun dan membuat mobil susah distarter.

Masalah lainnya adalah air aki habis. Ini menyebabkan sel-sel aki berwarna hitam akibat terbakarnya sekat pemisah antara timbal hitam dan timbal putih. Ketika dua komponen ini saling bersentuhan, maka hubungan pendek akan terjadi dan tidak ada reaksi untuk menghasilkan daya listrik. Panas yang tercipta akibat hubungan pendek tersebut akan menguapkan air yang ada di dalam sel aki, sehingga aki pun menjadi tekor.

Rekomendasi Aki Mobil Suzuki APV

aki mobil suzuki apv

Ada tiga jenis aki umum yang ada di pasaran, yaitu aki basah, aki kering, dan aki hybrid. Aki basah lebih kuat dan tahan panas, tapi membutuhkan perawatan rutin seperti cek air aki. Aki kering adalah jenis aki MF (free maintenance atau bebas perawatan), sementara aki hybrid adalah aki low maintenance alias perawatan rendah. Kemampuan aki hybrid berada di tengah dan perawatannya lebih mudah dibandigkan aki basah.

Untuk mobil APV, aki-aki berikut bisa dijadikan pilihan:

No Aki  Mobil Suzuki APV Harga
1 AMARON NS60/55B24R 45AH Rp. 925.000
2 GS HYBRID NS40Z/42B20R Rp. 700.000
3 INCOE NS60/55B24R Rp. 650.000
4 YUASA NS60/55B24R Rp. 725.000

 

Di Mana Membeli Aki Mobil Suzuki APV?

aki mobil suzuki apvAnda bisa mendapatkan aki mobil APV dari bengkel resmi Suzuki atau bengkel umum lainnya serta di toko aki terpercaya. Dan salah satu toko sekaligus bengkel aki terbaik yang ada di kawasan Jabodetabek adalah Cakra Motor 11 yang setia melayani pelanggannya selama bertahun-tahun. Cakra Motor 11 hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan aki dan oli mobil berkualitas dengan harga terjangkau.

Cakra Motor 11 selalu memberikan pelayanan maksimal pada semua pelanggannya. Produk yang mereka jual dijamin asli dan bergaransi, jadi Anda tak perlu waswas lagi. Soal aki, Cakra Motor 11 sudah mendeklarasikan diri sebagai ahlinya aki dan oli, so mereka pasti punya rekomendasi dan stok aki yang sesuai dengan mobil Anda.

Nah bila Anda ingin sekedar memeriksakan kondisi aki mobil Anda, menggantinya dengan aki baru, atau bahkan menukar tambahnya dengan aki baru, Anda bisa datang langsung ke bengkel Cakra Motor 11 di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Depok, dan Tangerang. Cakra Motor 11 juga punya official store di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11), so Anda bisa memesan produk aki untuk mobil Suzuki APV mereka langsung dari sana. Untuk menanyakan produk-produk lain atau berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait